Strategi bersaing PT. Garuda Indonesia di pasar Amerika
Arif Cahyana;
Soeroso, supervisor
([Publisher not identified]
, 1994)
|
ABSTRAK Kondisi dunia menunjukkan perkembangan begitu pesat.Perubahan kondisi tersebut mempengaruhi kondisi dunia usahasecara keseluruhan. Kompetisi dalam dunia usaha semakin ketatdan sejumIah peserta kompetisi berusaha menjadi pemenang dalamkompetisi tersebut. Untuk mengantisipasi hal tersebut setiapperusahaan harus menetapkan suatu strategi yang tepat dansesual dengan kondisinya sehingga perusahaan dapat bersaingdan bertahan dalam suatu situasi kompetisi yang kompleks. Jasa transportasi udara sebagai salah satu bidang usahajuga menunjukkan perkembangan yang begitu pesat. Demandmeningkat pesat dan diikuti dengan persaingan yang semakinketat. Garuda Indonesia sebagai salah satu perusahaan penerbangan merasakan dampak dan perkembangan, dunia tersebut.Pasar Amerika yang merupakan pasar potensial dunia yangdilayani oleh Garuda menunjukkan situasi yang kurang menggembirakan. Meskipun setiap tahun mengalami peningkatan penjualan tetapi pangsa pasar yang diraih serta load factor yangdidapat untuk pasar ini semakin menurun sehingga kondisinyasemakin melemah. Dengan melakukan analisa SWOT dimana faktor-faktor yangberpengaruh dikuantifisir dengan menggunakan metode AnalitycalHierarcy Process (AHP), didapatkan hasil bahwa Garuda Indonesia berada dalam kondisi memiliki peluang yang lebih besarjika dibandingkan dengan ancamannya dan memiliki banyak kelemahan dibandingkan dengan kekuatan yang dimiliki. Apabila digunakan diagram SWOT maka posisi garuda Indonesia berada dikuadran 3 atau memiliki peluang dalam usahanya tetapi dibatasikendala masalah kelemahan intern. Strategi dasar yang tepatdan sesuai untuk kuadran 3 ini adalah memperbaiki kelemahanintern tersebut agar mendapatkan peluang yang lebih baikdimasa yang akan datang (Turnaround). Selain itu kondisi Garuda Indonesia di pasar Amerikamenunjukkan tingkat pertumbuhan penjualan yang baik setiaptahunnya tetapi memiliki pangsa pasar relatif yang kecilterhadap pesaing utamanya, serta kekuatan bersaing yang masihlemah. Strategi yang harus dilakukan oleh Garuda adalahmemperbaiki posisinya (membangun) sehingga dapat meningkatkanpangsa pasarnya. Berdasarkan segmennya, pasar Amerika didominasi olehpenumpang Leisure. Kekuatan bersaing yang dimiliki oleh GarudaIndonesia adalah langsung melayani penerbangan ke obyek wisatadi Indonesia. Dari kondisi tersebut strategi generik yangdisarankan adalah Fokus yang menekankan pada leisure travelsebagai penumpang potensial. Strategi pemasaran sebagai salah satu strategi fungsionalharus disusun sesuai dengan kondisi yang ada. Garuda Indonesiaharus menerapkan strategi pemasaran secara Pro aktiv untukrnendukung strategi unit bisnisnya. |
![]() ![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1994 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 118 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-065213327 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438459 |