ABSTRAK Industri musik dan rekaman, yang melibatkan bermacam-macam aliran musik, selaludipengaruhi oleh tren musik yang berlaku. Tahun 1999 merupakan tahun kesuksesan boyband, yaitukelompok penyanyi vokal pria yang membawakan lagu pop yang easy listening atau enak didengar.Hal ini disebabkan karena suksesnya album-album dan konser-konser mereka sehingga memberikaninspirasi kepada perusahaan yang bergerak dalam industri musik dan rekaman untuk memunculkanboyband-boyband baru. Westlife. yang terbentuk tahun 1998, merupakan salah satu artis pendatang baruinternasional pada tahun 1999. Westlife, yang terdiri dan lima orang pria: Shane Filan, MarkFeehily, Klan Egan, Nicky Byrne dan Bryan McFadden, dan berasal dari irlandia, dikategorikansebagai boyband. Adapun pemegang hak produksi, distribusi dan pemasaran produk Westlife diIndonesia adalah PT 8MG Music Indonesia, yang bersama dengan RCA selaku perusahaan rekamanyang mengontrak Westlife, merupakan unit dad BMG Entertainment. Sebagai produk dan sebuah hoyband. produk Westlife menghadapi pasar sasaran yang samadengan produk dari boyband internasional Iainnya yaitu cohort Internet dan cohort MTV, terutamaremaja putri. Untuk memasuki pasar sasaran tersebut PT BMG Music indonesia harus melakukansuatu bentuk strategi komunikasi pemasaran yang efektif sehingga Westlife dapat dengan suksesmemasuki pasar sasaran tersebut. Strategi komunikasi pemasaran merupakan unsur yang sangatpenting bagi perusahaan yang bergerak dalam industrii musik dan rekaman di Indonesia, karenadalam melakukan bauran pemasaran, hanya unsur produksi dan komunikasi pemasaran yang dapatditerapkan secara berbeda oleh masing-masing perusahaan. Unsur harga (price) dan saturandistribusi merupakan hal yang telah ditetapkan bersama dan bersifat baku dalam industri musik danrekaman di indonesia. Perangkat-perangkat dasar dalam komunikasi pemasaran adalah advertising (periklanan),direct marketing (pemasaran Iangsung), sales promotion (promo si penjualan), publicity/publicrelations (hubungan masyarakat) dan personal selling (kewiraniagaan). Perusahaan dapat memilihperangkat-perangkat yang akan digunakan untuk mempromosikan produknya tergantung padakebutuhan dan anggaran biaya promosi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Hal yang dianggappenting adalah bahwa perangkat-perangkat tersebut terkoodinir secara baik dan harus salingberhubungan sertaa saling mendukung sehingga terbentuk suatu integrated marketing communicationbagi produk yang diprornosikan. Sebelum menentukan bentuk strategi kornunikasi pemasaran yangdigunakan, perusahaan harus rnenentukan tujuan dan strategi tersebut. Pada umumnya perusahaan yang bergerak dalam industri musik dan rekaman di indonesiamenggunakan 3 perangkat dalam strategi komunikasi pemasaran yaitu advertising, sales promotiondan publicity/public reiations Saies prornouiorl yang diguriakan umurnnya bersifat prornosiperdagangan. Promosi konsumen, yaitu promosi yang berorientasi pada konsumen, kalaupundigunakan biasanya hanya berbentuk pemberian bonus berupa poster allis atau undian berhadiah. Dengan tujuan niemperkenalkan produk Westlife yaitu baik lagu-lagu yang dibawakan olehWestlife, Westlife sendiri secara personal, dan menjadikan Westlife sebagai artis internasional yangmenjadi favorit dan ¡dola baru dalam industri musik dan rekaman di Indonesia, PT BMG MusicIndonesia melakukan strategi komunikasi pemasaran yang merupakan integrated marketingCommunications dengan menggunakan advertising, sales promotion dan publicity/public relationsyang dititikberatkan pada kepuasan konsumen. Penitikberatan pada kepuasan konsumen terutama dicerminkan oleh sales promotion yangdilakukan oleh PT BMG Music indonesia. Bentuk sales promotion yang berorientasi kepadakepuasan konsumen ini adalah pemberian sisipan berupa ballotd dalam setiap produk Westlife, baikberupa kaset, CD maupun VCD. Melalui ballots tersebut PT BMG Music Indonesia dapat menjalininteraksi timbal balik dengan konsumennya, dimana hal ini beium pernah dilakukan oleh perusahaan lain yang bergerak dalam industri musik dan rekaman di Indonesia. Ballots tersebut memberikankeuntungan bagi konsumen, berupa perolehan informasi seputar Westlife, dan bagi PT BMG MusicIndonesia, berupa data konsumen yang dapat membantu PT BMG Music Indonesia dalammeningkatkan pelayanannya dan merancang program komunikasi pemasaran yang efektif. Hasil yang diperoleh dari strategi komunikasi yang dilakukan oieh PT BMG MusicIndonesia adalah angka penjualan kaset, Compact Disc (CD) dan Video Compact Disc (VCD)Westlife yang cukup tinggi di indonesia, yaltu mencapai 20 platinum untuk album pertama Westlifeyang berjudul ?Westlife?. Prestasi penjualan produk Westlife merupakari prestasi yangmengagumkan bagi artis internasional di lndonesia. Westlife sendiri, saat ini, merupakan boybandyang menjadi penyanyi favorit dan idola baru dalam industri musik dan rekaman di indonesia.;ABSTRAK Industri musik dan rekaman, yang melibatkan bermacam-macam aliran musik, selaludipengaruhi oleh tren musik yang berlaku. Tahun 1999 merupakan tahun kesuksesan boyband, yaitukelompok penyanyi vokal pria yang membawakan lagu pop yang easy listening atau enak didengar.Hal ini disebabkan karena suksesnya album-album dan konser-konser mereka sehingga memberikaninspirasi kepada perusahaan yang bergerak dalam industri musik dan rekaman untuk memunculkanboyband-boyband baru. Westlife. yang terbentuk tahun 1998, merupakan salah satu artis pendatang baruinternasional pada tahun 1999. Westlife, yang terdiri dan lima orang pria: Shane Filan, MarkFeehily, Klan Egan, Nicky Byrne dan Bryan McFadden, dan berasal dari irlandia, dikategorikansebagai boyband. Adapun pemegang hak produksi, distribusi dan pemasaran produk Westlife diIndonesia adalah PT 8MG Music Indonesia, yang bersama dengan RCA selaku perusahaan rekamanyang mengontrak Westlife, merupakan unit dad BMG Entertainment. Sebagai produk dan sebuah hoyband. produk Westlife menghadapi pasar sasaran yang samadengan produk dari boyband internasional Iainnya yaitu cohort Internet dan cohort MTV, terutamaremaja putri. Untuk memasuki pasar sasaran tersebut PT BMG Music indonesia harus melakukansuatu bentuk strategi komunikasi pemasaran yang efektif sehingga Westlife dapat dengan suksesmemasuki pasar sasaran tersebut. Strategi komunikasi pemasaran merupakan unsur yang sangatpenting bagi perusahaan yang bergerak dalam industrii musik dan rekaman di Indonesia, karenadalam melakukan bauran pemasaran, hanya unsur produksi dan komunikasi pemasaran yang dapatditerapkan secara berbeda oleh masing-masing perusahaan. Unsur harga (price) dan saturandistribusi merupakan hal yang telah ditetapkan bersama dan bersifat baku dalam industri musik danrekaman di indonesia. Perangkat-perangkat dasar dalam komunikasi pemasaran adalah advertising (periklanan),direct marketing (pemasaran Iangsung), sales promotion (promo si penjualan), publicity/publicrelations (hubungan masyarakat) dan personal selling (kewiraniagaan). Perusahaan dapat memilihperangkat-perangkat yang akan digunakan untuk mempromosikan produknya tergantung padakebutuhan dan anggaran biaya promosi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Hal yang dianggappenting adalah bahwa perangkat-perangkat tersebut terkoodinir secara baik dan harus salingberhubungan sertaa saling mendukung sehingga terbentuk suatu integrated marketing communicationbagi produk yang diprornosikan. Sebelum menentukan bentuk strategi kornunikasi pemasaran yangdigunakan, perusahaan harus rnenentukan tujuan dan strategi tersebut. Pada umumnya perusahaan yang bergerak dalam industri musik dan rekaman di indonesiamenggunakan 3 perangkat dalam strategi komunikasi pemasaran yaitu advertising, sales promotiondan publicity/public reiations Saies prornouiorl yang diguriakan umurnnya bersifat prornosiperdagangan. Promosi konsumen, yaitu promosi yang berorientasi pada konsumen, kalaupundigunakan biasanya hanya berbentuk pemberian bonus berupa poster allis atau undian berhadiah. Dengan tujuan niemperkenalkan produk Westlife yaitu baik lagu-lagu yang dibawakan olehWestlife, Westlife sendiri secara personal, dan menjadikan Westlife sebagai artis internasional yangmenjadi favorit dan ¡dola baru dalam industri musik dan rekaman di Indonesia, PT BMG MusicIndonesia melakukan strategi komunikasi pemasaran yang merupakan integrated marketingCommunications dengan menggunakan advertising, sales promotion dan publicity/public relationsyang dititikberatkan pada kepuasan konsumen. Penitikberatan pada kepuasan konsumen terutama dicerminkan oleh sales promotion yangdilakukan oleh PT BMG Music indonesia. Bentuk sales promotion yang berorientasi kepadakepuasan konsumen ini adalah pemberian sisipan berupa ballotd dalam setiap produk Westlife, baikberupa kaset, CD maupun VCD. Melalui ballots tersebut PT BMG Music Indonesia dapat menjalininteraksi timbal balik dengan konsumennya, dimana hal ini beium pernah dilakukan oleh perusahaan lain yang bergerak dalam industri musik dan rekaman di Indonesia. Ballots tersebut memberikankeuntungan bagi konsumen, berupa perolehan informasi seputar Westlife, dan bagi PT BMG MusicIndonesia, berupa data konsumen yang dapat membantu PT BMG Music Indonesia dalammeningkatkan pelayanannya dan merancang program komunikasi pemasaran yang efektif. Hasil yang diperoleh dari strategi komunikasi yang dilakukan oieh PT BMG MusicIndonesia adalah angka penjualan kaset, Compact Disc (CD) dan Video Compact Disc (VCD)Westlife yang cukup tinggi di indonesia, yaltu mencapai 20 platinum untuk album pertama Westlifeyang berjudul ?Westlife?. Prestasi penjualan produk Westlife merupakari prestasi yangmengagumkan bagi artis internasional di lndonesia. Westlife sendiri, saat ini, merupakan boybandyang menjadi penyanyi favorit dan idola baru dalam industri musik dan rekaman di indonesia. |