Pesantren sebagai alternatif model lembaga pendidikan kader bangsa
([Publisher not identified]
, [Date of publication not identified]
)
|
Pesantren, atau Sekolah Asrama Islami, adalah lembaga pendidikan formaldi Indonesia. Pesantren dilingkupi oleh komunitas khusus yang dipimpin olehkyai. Untuk menjalankan kehidupan di dalam pesantren, kyai dibantu oleh sejumlahguru yang tinggal bersama dengan para santri. Dalam komunitas semacam ini, mesjidmenjadi pusat belajar dan mengajar, di samping kelas yang klasik (madrasah).Pesantren berkembang seiring waktu. Ketika sains dan teknologi mereka kembalipengharapan masyarakat terhadap pesantren meningkat, sehingga lembagapendidikan keislaman ini harus mengantisipasinya dengan tepat. Pengembangan isi dan bentuk pesantren berhasil mentransformasi lembaga ini menjadi pesantren modern. |
No. Panggil : | 340 MIMBAR 27:2(2011) |
Subjek : | |
Sumber Pengatalogan : | |
ISSN : | 02158175 |
Majalah/Jurnal : | Mimbar : Jurnal sosial dan pembangunan 27(2) Desember 2011. Hal. 157-163 |
Volume : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Akses Elektronik : | |
Institusi Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
340 MIMBAR 27:2(2011) | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438585 |