Deskripsi Lengkap

Sumber Pengatalogan :
ISSN : 02158175
Majalah/Jurnal : Mimbar : Jurnal sosial dan pembangunan 27(2) Desember 2011. Hal. 157-163
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 0
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
340 MIMBAR 27:2(2011) TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438585
 Abstrak
Pesantren, atau Sekolah Asrama Islami, adalah lembaga pendidikan formal di Indonesia. Pesantren dilingkupi oleh komunitas khusus yang dipimpin oleh kyai. Untuk menjalankan kehidupan di dalam pesantren, kyai dibantu oleh sejumlah guru yang tinggal bersama dengan para santri. Dalam komunitas semacam ini, mesjid menjadi pusat belajar dan mengajar, di samping kelas yang klasik (madrasah). Pesantren berkembang seiring waktu. Ketika sains dan teknologi mereka kembali pengharapan masyarakat terhadap pesantren meningkat, sehingga lembaga pendidikan keislaman ini harus mengantisipasinya dengan tepat. Pengembangan isi dan bentuk pesantren berhasil mentransformasi lembaga ini menjadi pesantren modern.