Konstruksi pembelajaran sejarah yang berorentasi pada masalah kontemporer pembangunan
([Publisher not identified]
, [Date of publication not identified]
)
|
Pembelajaran sejarah dalam kurikulum nasional, selama ini didominasi oleh hafalan kolektif.Kajian ini membahas pendekatan alternatif dalam mengajarkan mata pelajaran sekolah,yang diterapkan di SMA. Menggunakan model “ways of knowing” Habermas, sebagai bagiandari pendidikan kritis, penelitian dilakukan terhadap pelajaran sejarah yang didasarkan padaisu-isu sosial kontemporer sebagaimana dialami para siswa. Hasilnya, siswa mengalamiproses emansipasi sepanjang pembelajaran. Emansipasi tersebut memungkinkan siswamenciptakan pengetahuannya sendiri menyangkut isu yang dibahas dengan perspektif historis. Pada dasarnya, keseluruhan proses produksi pengetahuan dengan pendekatan ini berhasil memberdayakan guru maupun siswa |
No. Panggil : | 300 MIMBAR 27:1(2011) |
Subjek : | |
Sumber Pengatalogan : | |
ISSN : | 02158175 |
Majalah/Jurnal : | Mimbar : Jurnal sosial dan pembangunan 27(1) Juni 2011. Hal. 21-30 |
Volume : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Akses Elektronik : | |
Institusi Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
300 MIMBAR 27:1(2011) | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438609 |