:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Konstruksi pembelajaran sejarah yang berorentasi pada masalah kontemporer pembangunan

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Pembelajaran sejarah dalam kurikulum nasional, selama ini didominasi oleh hafalan kolektif.
Kajian ini membahas pendekatan alternatif dalam mengajarkan mata pelajaran sekolah,
yang diterapkan di SMA. Menggunakan model “ways of knowing” Habermas, sebagai bagian
dari pendidikan kritis, penelitian dilakukan terhadap pelajaran sejarah yang didasarkan pada
isu-isu sosial kontemporer sebagaimana dialami para siswa. Hasilnya, siswa mengalami
proses emansipasi sepanjang pembelajaran. Emansipasi tersebut memungkinkan siswa
menciptakan pengetahuannya sendiri menyangkut isu yang dibahas dengan perspektif historis. Pada dasarnya, keseluruhan proses produksi pengetahuan dengan pendekatan ini berhasil memberdayakan guru maupun siswa

 Metadata

No. Panggil : 300 MIMBAR 27:1(2011)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 02158175
Majalah/Jurnal : Mimbar : Jurnal sosial dan pembangunan 27(1) Juni 2011. Hal. 21-30
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
300 MIMBAR 27:1(2011) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438609