Kinerja penghimpunan dana masyarakat pada bank : studi kasus PT. Bank Negara Indonesia Persero (tbk) cabang "ABC" tahun 1996 - Juni 1999
Julius Dermawan;
Elvia Rosantina, supervisor
([Publisher not identified]
, 1999)
|
ABSTRAK Dana masyarakat merupakan salah satu sumber dana yang vital bagi bank. Berbagalupaya dilakukan oleh manajemen bank untuk mencapai suatu posisi dana yang terbaikbagi pendanaan usahanya. Kesalahan dalam pengelolaan dana masyarakat akanmengakibatkan permasalahan yang senus dalam operasi bank. Sejak deregulasi perbankan pada bulan Juni 1983 yang dikenal dengan PAKJUN 1983dan berbaga kebijakan serta undang undang yang dikeluarkan oleh pemerintah setelahitu, telah mendorong perbankan nasional Indonesia berada dalam suatu era kehidupanyang sangat dinamis. Banyaknya jumlah bank yang tumbuh secara tidak langsungmengakibatkan persaingan antar bank dalam merebut pasar dana masyarakat menjadisemakin tinggi. Untuk menghadapi persaingan tersebut setiap bank menggunakanberbagai teknik pemasaran yang berbeda balk dengan memanfaatkan jaringan distribusiyang dimiliki, kualitas jasa dan pelayanan dan berbagai pendekatan Iainnya. Sedangkanuntuk mengukur tingkat keberhasilan usaha tersebut, manajemen bank jugamenggunakan berbagai key indicator yang berbeda pada masing bank. Sebagai salah satu baglan dan industri perbankan nasional. Bank BNI juga tidak terlepasdari lingkungan persaingan tersebut. Dengan memanfaatkan berbagai konseppemasaran, bank BNI menjadi saiah satu bank yang mempunyai share terbesar diIndonesia. Dengan basis bisnis yang masih didominasi oleh bisnis perkreditan, sumberdana khususnya dana masyarakat menjadi bagian yang penting dalam kebijakan bianisBank BNI. Seiring dengan berkembarignya bisnis perkreditan terutama pada sektorkorporasi telah menjadikan usaha penghimpunan dana menjadi semakin penting. Untukmenjamin posisi likuiditas usaha dalam pembiayaan bisnis perkreditan, Bank BNI jugatidak luput dari persaingan dalam penghimpunan dana khususnya dana masyarakat. Oleh karena itu segala upaya dilakukan untuk mengarnankan posisi likuiditas yang antaralain dengan memanfaatkan jaringan distribusi melalui cabang-cabang untuk menghimpundana masyarakat. Upaya penghimpunan dana masyarakat pada Cabang ABCmerupakan suatu bukti kongkrit dari pelaksanaan kebijakan tersebut. Sedangkan untukmemacu prestasi cabang dalam mencapai tujuan penghimpunan dana tersebut, targetposisi dana nienjadi indikator utama bagi Bank BNI. Pencapaian atas target yang telahditetapkan melalui Corporate Plan menjadi ukuran kinerja cabang dalam melakukanpenghimpunan dana masyarakat. Permasalahan yang timbul kemudian adalah ketika krisis ekonomi mulal merebak danmenggoncang perekonomian nasional. Knsis yang diawali dengan jatuhnya nilai tukarmata uang Rupiah terhadap mata uang Dollar Amenka tersebut, telah menjadi awal yangburuk bagi perbankan nasional. Kondisi yang kemudian membawa perbankan ke dalamkondisi krisis telah mengakibatkan bank menghadapì berbagai perrnasalahan kongkrit,antara lain menurunnya kepercayaan masyarakat, Negative Spread, Non PeformingLoan yang tinggl, dan berbagai masalah lainnya. Keadaan ¡ni menjadi semakin seriuskarena pertumbuhan dana masyarakat pada Cabang ABC temyata mengalami lonjakanyang luar blasa. Namun disisi lain bermuara pada permasalahan profitabilitas danlikuiditas. Dari gambaran tersebut dl atas timbul pertanyaan apakan penilaian kinerjapennghimpunan dana masyarakat dengan semata-mata mempertimbangkan targetpencapalan masih relevan sebagal indikator pengukuran kInerja. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 88 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-786949388 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438621 |