Strategi bersaing Bank Muamalat Indonesia dalam bisnis perbaikan di Indonesia
Ratih Hapsari Dewi;
Wahjudi Prakarsa Benjamin, examiner; Faisal H. Basri, 1959-, supervisor
([Publisher not identified]
, 1994)
|
ABSTRAK Bank Muamalat Indonesia sebagai bank Syariah pertama yang menerapkan konsep bagihasil yang sangat berbeda dengan konsep piranti bunga perbank konvensional, sangatwajar bila dalam Operasiorìalnya mendapat tekanan-tekanan persaingan dari bank-bankkonvensional dalam industri perbankan di Indonesia. Tekanan persaingan dan bank konvensional dapat berupa pemberian pendapatanyang lebih tinggi, sebagai akibat perang tingkat suku bunga perbankan, dan/atau beberapa jenis layanan perbankan yang lebih baik dari BMI. Sebagai bank Syariah pertama di tanah air, BMI berhasil memanfaatkan emosional umat Islam yang mendambakan kehadiran bank yang mampu menyeimbangkankepentingan bank dengan nasabah yang merupakan prinsip bank Islam. Selama iniposisi nasabah, khususnya penerima pembiayaan relatif tidak menguntungkan denganmekanisme perbankan konvensional. Sebagal bank yang relatif masih baru, BMI berhasil rnengungguli bank-bankkonvensional yang telah ada di industri dalam menghmpun kekuatan finansial danemosional umat Islam yang cukup besar. Bertolak dari pertimbangan faktor inilah, BMImemandang pesaingnya adalah seluruh bank yang ada dalam industri. Dari pandanganinilah dilakukan analisis kualitatif dan kuantitatif posisi BMI dalam industri. Dari analisis kuantitatif, posisi BMT relatif kurang menguntungkan dan rata-rataindustri, walaupun kinerja BMI menunjukkan pertumbuhan cukup balk untuk beberapaindikator usaha perbankan. Posisi yang kurang menguntungkan ini lebih disebabkanbank-bank konvensional yang telah ada dalam industri telah mencapai skala ekonomisehingga mampu menekan biaya overhead perusahaan. Danri analisis kualitatif, posisi EMI relatif mampu bersaing dalam indusntri. Halini disebabkan personal value pengelola BMI yang memiliki ekspektasi terhadap keberhasilan BMI berkat dukungan umat Islam. Dihadapkan pada posisi yang kurang menguntungkan ini, strategi bersaing EMIdiarahkan pada strategi focus, yang mana BMI hanya berhadapan dengan bank-bankyang merupakan pesaing utamanya, serta memfokuskan pada kegiatan pembiayaanusaha kecil yang merupakan potensial market segment bagi BMI. |
T1337-Ratih Hapsari Dewi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1994 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | 96 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-813538120 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438629 |