Manajemen pemasaran sosial "Kepedulian Aids" : kasus di Yayasan Pelita Ilmur
Rr. Shita Listya Dewi;
Martani Huseini, supervisor
([Publisher not identified]
, 1997)
|
ABSTRAK Pemasaran sosial adalah suatu strategi menyampaikan suatu produksosial kepada masyarakat yang ditujukan untuk menghasilkan perubahanmenuju pemahaman yang lebih baik mengenai suatu masaiah, sehinggamendorong tindakan yang diharapkan, dan memotivasi masyarakat untukmengadopsinya sebagal suatu perilaku yang baru. Produk soslal tersebutbiasanya merupakan solusi dari suatu permasalahan sosial, dan memenuhi needsand wants dari masyarakat. Namun, pelaksanaan pemasaran sosial tidak mudah, dan seringmenghadapi berbagal kendala dan tantangan. Penulis menerapkan pendekatanpemasaran sosial di dalam kampanye ?Kepedulian AIDS? yang dilakukanYayasan Peita IImu (YPI) untuk mengidentifikasi kendala dan tantangan yangdihadapinya. Dalam penelitian ini, penulis melakukan dua jenis metodepenelitian, yaitu penelitian kepustakaan, dan penelitian lapangan. AIDS adalah suatu penyakit yang fatal, belum ada obatnya, namunSebenarnya dapat dicegah. Pencegahannya hanya dimungkinkan jika masyarakatmemiliki informasi yang benar mengenal HIV/AIDS. Oleh karena itu, YPImemasarkan ?Kepedulian AIDS? sebagal suatu produk sosial. Setelah melakukan analisis dan evaluasi, penulis menarlk kesimpulanBahwa YPI telah berupaya menjalankan manajemen pemasaran soslal denganpenulis menemukan beberapa kendala YPI, misalnya keterbatasan dana dansumber daya manusia, pernyataan misi yang kurang jelas, tidak menetapkantujuan organisasi yang konkrit, dan sebagainya. Selain itu, YPI menemuitantangan birokratis dari Pemerintah, serta sikap diskriminatif dari masyarakat. Mengingat semakin mendesaknya kebutuhan untuk membagikaninformasi yang benar mengenai HIV/AIDS kepada masyarakat, maka penulismemberi saran agar YPI membuat suatu pemyataan misi yang jelas, serta tujuanorganisasi yang terarah; melakukan analisa SWOT yang komprehensif;mengupayakan efisiensi melakukan promosi yang Iebih gencar melalui saranayang memungkinkan melaksanakan riset secara Iebih mendalam; meningkatkanhubungan komitmen dan jangka-panjang dengan pihak-pihak yang terkaitdengan YPI; mendayagunakan kekuatan yang ada untuk mengatasi kendala;Serta proaktif menyiapkan alternatif strategi untuk menghadapi tantanganEksternal. |
T1411-Rr Shita Listya Dewi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 256 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-986282389 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438765 |