:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Aplikasi analisa skala multidimensi pada strategi posisi : studi kasus majalah Ummat

Mico Dharmesywara; Budhi Sugarda, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Majalah memiliki dua jenis konsumen yang berbeda karakternya dalam penggunaan
majalah sebagal media informasi. Konsumen industri menggunakan jasa media berita sebagai
media penyampaian iklan. Konsumen langsung mengkonsumsi informasi yang dimuat oleh
majalah berita.
Konsumen langsung memiliki kebutuhan informasi dan cara evaluasi suatu obyek
berbeda-beda. Perbedaan ini akan menyebabkan terjadinya segmen-segmen pembaca dengan
beragam kebutuhan. Untuk mendapatkan preferensi segmen pembaca sasaran, masing-masing
majalah berita berusaha memposisikan dirinya melalui differensiasi pada atribut-atribut
majalah.
Konsumen industri memiliki kebutuhan untuk menggunakan majalah sebagai media
iklan yang ditujukan pada konsumen langsung majalah. Pemilihan merek majalah yang akan
digunakan sangat tergantung dengan profil, kualitas dan kuantitas konsumen langsungnya
Intensitas kompetisi rnajalah berita meningkat, baik kompetisi terhadap media
substitusi (misal: radio, televisi, tabloid atau koran) ataupun untuk media sejenisnya.
Majalah Ummat berdiri pada bulan Februari 1995 dan memposisikan diri sebagai
majalah berita bagi kalangan Islam kota. Strategi posisi dilakukan dengan menggunakan
personalitas pembacanya sebagai dasar. Pertimbangan yang mendasarinya adaiah Islam
merupakan agama mayoritas bagi penduduk Indonesia dan timbulnya fenomena kesadaran
beragama yang meningkat.
Salah satu kunci keberhasilan strategi posisi adalah kemampuan perusahaan
memperkirakan preferensi konsumen terhadap atribut produk, kebutuhan konsumen yang
ingin dilayani dan posisi relatif produk terhadap kompetitor.
Riset pemasaran membantu perusahaan untuk memperkirakan hal di atas. Analisa pada
karya akhir ini disusun berdasarkan data-data responden yang didapat dari riset pemasaran.
Untuk membantu mendeskripsikan preferensi konsumen, digunakan analisa skala multi
dimensi (Multi Dimensional Scaling) untuk mengetahui persepsi responden terhadap majalah
berita, posisi majalah berita pada atribut-atnbut produk, posisi majalah berita ideal dalarn
kaitannya dengan preferensi dan tingkat prioritas atribut dalam proses evaluasi majalah berita
oleh responden. Penggambaran persepsi dilakukan dengan menggunakan peta persepsi
(perceptual map).
Peta persepsi yang didapat tanpa menggunakan atribut menunjukkan cara responden
memandang masing-masing majalah berita relatif berbeda. Penggunaan vektor-vektor yang
mewakili atribut membantu menginterpretasikan hasil analisa awal. Superposisi vektor atribut
dengan peta persepsi menghasilkan posisi majalah berita untuk setiap atribut dan peringkat
prioritas atribut menurut persepsi konsumen. Posisi majaiah berita ideal diperoleh dengan
mengkombinasikan peta persepi dengan preferensi konsumen.
Hasil analisa menyimpulkan Gatra menduduki peringkat pertama dalam hal preferensi
responden, diikuti: dengan Forum Keadilan, Ummat, Sinar dan Tiras. Masih terdapat gap
antara majalah berita ideal dan seluruh majalah berita.
Responden menempatkan kulit muka sebagai atribut utama majalah berita, diikuti
dengan: gaya penulisan, kelengkapan berita, bergengsi, tata letak, akurasi, harga, komposisi,
aktualitas, populer, jenis kertas dan bentuk huruf. Secara umum susunan peringkat intensitas
masing-masing majalah berita tidak berbeda dengan urutan preferensi konsumen. Sebagai
pengecualian Ummat memiliki posisi-relatif yang sangat baik pada atribut kelengkapan berita
dan gaya penulisan.
peringkat atribut yang didapat dari hasil survey menunjukkan responden tidak
menempatkan komposisi berita sebagai prioritas utama. Strategi posisi Ummat di awal
pertumbuban membawa resiko kesulitan untuk mengembangkan pangsa pasamya ke segmen
pembaca yang tidak menganggap perbedaan komposisi berita dengan penekanan informasi
agama sebagai atribut utama.
Penulis merekomendasikan strategi reposisi Ummat dengan menggunakan atribut
kelengkapan berita dan gaya penulisan sebagai basis dan melakukan perbaikan pada atribut
Iainnya secara bertahap.

 File Digital: 1

Shelf
 T1438-Mico Dharmesywara.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 96 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-461307726 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438771