:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemanfaatan customer relation management (CRM) pada PT. Merpati Nusantara Airline (MNA) sebagai upaya mengakuisisi pelanggan

Effy Fibriana Dewi; Anang K. Umaedi, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Pemilihan topik karya akhir ini dilatar belakangi oleh maraknya issue tentang
Customer Relation Management (CRM), yang sering kali menjadi topik bahasan
diberbagai media maupun seminar belakangan ini. CRIA merupakan suatu proses yang
memfokuskan pada pandangan jangka panjang, yaitu memberi perhatian lebih banyak ke
lifetime value pelanggan dan pada value transaksi. Perusahaan-perusahaan di Indonesia
berlomba dalarn menerapkan konsep ini, salah satu dari mereka adalah PT. Merpati
Nusantara Airline (MNA). Maskapai penerbangan domestik milik negara ini baru saja
menerapkan konsep CRM di dalam perusahaannya. Dengan menganalisa performa CRM
yang ada, diharapkan dapat memberikan gambaran tentang bagaimana cara efektif
pengaplikasian konsep tersebut di dalam tubuh MNA.
Tingkat persaingan di industri penerbangan domestik saat ini semakin ketat, saat
ini belasan maskapai telah beroperasi memperebutkan pangsa pasar penerbangan
domestik. Dalam menghadapi persaingan ini MNA harus menerapkan strategi agresif
melaiui pengaplikasian CRM, guna mengakuisisi pelanggan baru.
Penulisan karya tulis ini menggunakan metode analisa kuantitatif. Adapun data
yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari MNA maupun survey, serta data
sekunder dari literatur dan sumber-sumber lainnya. Survey perlu dilakukan untuk
mengumpulkan data pendukung dalam menganalisa karakteristik pengguna jasa
penerbangan Merpati. Survey dilakukan pada 150 pelaku bisnis di Jakarta, yang pernah
menggunakan jasa penerbangan Merpati.
Dari analisa yang dilakukan ditemukan bahwa kendati hasilnya belum terlihat,
namun pelaksanaan CRM di MNA tetap mendapat dukungan penuh dari manajemen,
Hasil analisa juga menunjukkan dua faktor utama yang menjadi penyebab kurang
berhasilnya pengaplikasian CRM di MNA yaitu masih minimnya database pelanggan
yang dimiliki, dan sumber daya manusia yang kurang mendukung. Database pelanggan
merupakan faktor penting dalam pengaplikasian CRM, tanpa database yang balk akan
sulit menyusun strategi marketing sesuai dengan karakter tiap pelanggan. Hasil survey
demografi yang dilakukan menunjukkan bahwa hanya 25.3% dan responden yang
menjadikan Merpati sebagai pilihan pertama dalam melakukan penerbangan domestik.
Dan 63.2% dari mereka adalah pegawai BUMN, yang 81.6% keputusan penerbangannya
dilakukan oleh perusahaan.
Karya tulis ini memuat bagaimana cara yang paling efektif bagi MNA dalam
membangun database pelanggannya, mulai dari struktur database yang seharusnya terdiri
dari existing customer dan prospect, sampai bagaimana cara mendapatkan data pelanggan
tersebut. Selain itu dituliskan juga strategi yang dapat dilakukan oleh MNA dalam
upayanya mengakuisisi pelanggan loyal yang baru. Seperti menunjuk pegawal/petugas
khusus untuk menyebarkan forrnula MEE serta mengumpulkan data prospect dari
internet. Saran-saran yang diberikan dalam karya tulis ini merupakan alternatif paling
relevan dan actionable bagi MNA, mengingat keterbatasan sumber daya yang
dialokasikan untuk program ini.

 File Digital: 1

Shelf
 T1448-Effy Fibriana Dewi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T1448
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 91 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T1448 15-17-301706072 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438783