ABSTRAK Pemilihan tugas akhir ini dilatar belakangi oleh rasa ingin tahu terhadap intensitaskompetisi sesama media majalah khususnya majalah yang beredar di Jakarta. Karenasetelah era reformasi bergulir, pemerintah tidak lagi membatasi penerbitan jumlahSIUPP. Sebagai akibatnya banyak majalah-majalah baru seperti Gamma, Garda, Tropisdan lain-lain, yang tampaknya menjangkau target pasar yang sama dengan majalah yangsudah ada terlebih dahulu seperti Gatra, Tempo, Forum, dan lain-lain. Gejala-gejala persaingan di atas dapat di paparkan secara objektif denganmelakukan pengelompokkan majalah yang memiliki sifat relatif sama. Dengan bantuanteknik analisis data multivariabel dapat diperoleh informasi yang nantinya dapatdigunakan oleh penerbit menganalisa posisi relatif suatu majalah terhadap parapesaingnya. Salah satu bentuk analisa data multivariabel adalah analisis gerombol (ClusterAnalysis), yang merupakan suatu teknik penggerombolan melalui pengidentifikasian ciriciri gerombol berdasarkan karaktenstik yang dimiliki. Penelitian ¡ni menggunakan sebelas jenis berita sebagai variabel yang mewakilikarakteristik penggerombolan, yaitu : (1) Surat Pembaca, (2) Politik & Keamanan, (3)Ekonomi & Keuangan, (4) Hukum, (5) Seni & Musik, (6) Kesehatan & Olahraga, (7)Pendidikan & Iptek, (8) Luar Negeri (9) Lingkungan, (10) Budaya, dan (11) FiktifPemilihan ke-11 jenis berita sebagai variabel pengukuran diperoleh melaluiPenciutan 53 buah karakteristik berita dan ke-19 majalah berita yang beredar di Jakartayang merupakan subjek penelitian. Adapun kriteria penciutan dari 53 buah karakteristikmenjadi 11 komponen (variabeI) adalah : 1. Memilih hanya jenis beritanya saja dan memasukkan karakteristik berita menjadivariabel jenis berita. Misalkan : Karakteristik wawancara tokoh Polkam, tulisan pakarpolkam, dan tokoh polkam digabungkan menjadi variabel Polkam. 2. Berdasarkan data dan departemen-departemen yang terdapat pada ke-19 majalahsebagai subjek penelilian. Data ini diperoteh sebagai hasil wawancara denganpemimpin redaksi atau redaktur pelaksana berbagai majalah. 3. Penelusuran terhadap karakteristik tipe berita, misalkan rubrik undang-undang,kriminilitas, dan penyelundupan digabungkan menjadi variabel Hukum, sedangkanmusik, fashion, digabung menjadi variabel Seni & Musik. Penelitian ini berhasil menggerombolkan ke-19 majalah menjadi 5 buah gerombolyang anggotanya terdiri dari rnajalah-majalah dengan cri-ciri tertentu, Diperoleh pulabahwa dari ke 11 vaniabel pengukuran hanya enam variabel saja yang cukup signifikanmembedakan antara gerombol, yakni : (1) Ekonomi & Keuangan, (2) Seni & Musik, (3)Iuar Negeri, (4) Budaya, (5) Kesehatan & Olahraga, dan (6) Fiktif Dengan demikian hasil pengelompokkan ke-19 majalah dapat digunakan olehPenerbit majalah untuk mengetahui majalah-majalah mana saja yang memilikikarakteristik hampir sama dan majalah mana saja yang memiliki karakteristik berbeda. ini berguna bagi penerbit majalah untuk melakukan diferensiasi atau diversifikasipenerbitan sebagal upaya mengkreasikan strateginya apakah Investasi untuk bertahan.Investasi untuk berkembang investasi untuk memperoleh kembali, atau investasi untukKeluar |