:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peningkatan mutu pelayanan sistem persedian pada PT. Patra: suatu studi kasus

Artono Darwanto; Sianturi, Harlyn; Otje Soetoto, supervisor ([Publisher not identified] , 1992)

 Abstrak

ABSTRAK
PT Patra adalah sebuah perusahaan kontraktor bagi hasil
Pertamina, yang sudah beroperasi semenjak tahun 1979 di daerah
selat Malaka. Pada saat ini perusahaan ini memproduksi minyak
mentah dalam jumlah rata?rata 40,000 barrel/perhari, tetapi
pernah mericapai tingkat produksi tertinggi sekitar 70,000
barrel/perhari pada tahun 1988.
Untuk mendukung kelancaran operasi, perusahaan ini
menggunakan empat buah gudang, di empat tempat yang terpisah,
untuk menyimpan persediaan bahan baku, suku cadang, pipa, dll.
Dalam kurun waktu lebih dari sepuluh tahun operasi, PT Patra
telah berusaha untuk menjalankan sistem persediaan dengan
sebaik mungkin, dibawah pengawasan dan pengaturan suatu bagian
Inventory Control. Tetapi, dengan semakin berkembangnya
perusahaan, masalah sistem persediaan ini pun menjadi semakin
rumit. Pada akhir tahun 1991, nilai persediaan perusahaan ini
telah mencapai US$ 12,493,979.67.
Dari hasil tanya jawab dengan berbagai pihak yang
terlibat dalam sistem manajemen persediaan pada PT Patra, dan
juga dengan menganalisa laporan-laporan, data-data yang ada,
ternyata pengelolaan persediaan perusahaan ini masih perlu
diperbaiki. Hal ini terlihat pula dari adanya keluhan?keluhan
pihak pemakai barang karena terjadinya stock-out terutama untuk
beberapa jenis barang yang berhubungan langsung dengan kegiatan
operasi dan terjadinya penumpukkan persediaan untuk beberapa
Jenis barang yang lain, seperti yang terlihat pada lampiran 5.8. permasalahan yang ada juga menyangkut sistem
pemberian kode identifikasi barang yang beluin berfungsi dengan
baik, serta sistem kontrol yang belum memadai.
Setelah menganalisa penyebab?Penyebab permasalahan, maka
dalam karya akhir ini diberikan usulan untuk mengatasi
persoalan sistem persediaan PT Patra, agar perusahaan ini dapat
meningkatkan pelayanan, menurunkan resiko terjadinya
penumpukafn barang, dan meningkatkan kinerja dari sistem
manajemen persediaan.

 File Digital: 1

Shelf
 T2077 - Artono D.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1992
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 161 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-036412285 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20439164