ABSTRAK pokok permasalahan yang dihadapi adalah beberapa klienlama meninggalkan Kantor Akuntan HD dan sulit untukmendapatkan calon klien potensial seperti klien lama tersebut.Masalah yang menyebabkan hal tersebut adalah masih lemahnyapemahaman konsep jasa, belum efektifnya bauran pemasaran danbelum jelasnya pandangan kemasa depan. Konsep jasa meliputi pengertian total service (paketjasa) yang terdiri dari beberapa lapisan jasa, yaitu : coreservice, expected service, augmented service dan potentialservice. Core service yang merupakan lapisan pertama daritotal service merupakan inti jasa. Inti jasa ini dihasilkanoleh semua perusahaan jasa dalam satu industri. Perbedaan satuperusahaan dengan perusahaan lainnya terletak diluar inti jasatersebut. Oleb sebab itu persaingan terjadi pada lapisandiluar inti jasa. Inti jasa dan Kantor Akuntan HD adalah jasapemeriksaan, jasa management dan assistance services, jasapenyusunan sistem akuntansi dan jasa konsultasi perpajakan.Expected service merupakan kebutuhan minimal klien yang harusdipenuhi, berhubungan dengan personnel, quality level, servicetime, waiting time, supporting equipment dan new ideas.Augment service adalah suatu usaha memberikan lebih banyaklagi kepada klien dan pada hanya sekedar memenuhi expectedservicenya Sedangkan potential service meliputi segalaSesuatu yang mungkin dilakukan untuk menarik klien. Sifat jasa adalah jasa itu tidak berujud, sangatbervariasi, tidak Standar, tidak dapat dipisahkan dari pemberijasa dan tidak dapat disimpan. Setelah mengetahui hal tersebutbarulah dapat dirumuskan bauran pemasaran jasa. Bauranpemasaran jasa yang dikenal dengan 7 p (produk/jasa, harga,lokasi, promosi, partisipasi, penampilan phisik dan proses)harus dikeloja dengari baik. Variabej. produk/jasa merupakaninti jasa yang dihasilkan oleb Kantor Akuntan HD. Variabelharga dan promosi merupakan variabel utama yang harusdikendalikan oleh partner. Sedangkan variabel partisipasi danproses merupakan variabel yang harus dijalankan oleh tingkatansupervisor kebawah. Variabel lokasi dan penampilan phisiktidak terlalu diperhatikan. Pandangan kemasa depan meliputi penentuan identitas,pelayanan kepada klien, pengembangan sumber daya manusia danaspek multi disiplin. Identitas berhubungan dengan membanguncitra Kantor Akuntan HD. Pelayanan kepada klien mengandungarti untuk membina golongan klien tertentu dengan melakukanpengembangan sumber daya manusia. Sedangkan aspek multidisiplin memberikan berbagai macam jasa yang berkaitan denganbidang akuntansi seperti penggunaan komputer, menelaah ramalankeuangan klien dan menjadi ahli di bidang pasar modal. Pemecahan masalah yang dihadapi Kantor Akuntan HD dapatdilakukan dengan menanamkan pemahaman konsep jasa, melakukanmobilisasi dan kombinasi bauran pemasaran jasa secara labihefektif sehingga dicapai hasil optimal. Pandangan kemasadepan harus lebih jelas dirumuskan dan dijabarkan kedalamkebijakan Kantor Akuntan HD, sehingga setiap karyawanmengetahui arah perkembangan yang akan dituju. |