Saat ini dua teknik routing dasar yang biasa diterapkan dalam sistem komunikasi packetswitchedadalah hop-by-hop routing dan source routing, namun kedua sistem routing ini masihada kekurangan dari segi kecepatan konvergensi yang lambat serta membutuhkan utilitas kerjayang besar.Pada tugas akhir ini telah dilakukan sebuah simulasi untuk mendapatkan optimasi dari routingpada komunikasi packet switched (VoIP) yaitu dengan mendapatkan shortes path agardidapatkan nilai QoS terbaik . Pencarian shortest path tidak menggunakan metode konvensionalnamun dengan metode heuristic yang lebih variatif, akurat serta cepat, dan metode heuristicyang akan dipakai adalah AntNet Algorithm.Antnet Algorithm adalah algoritma yang diadopsi dari perilaku koloni semut yang secara alamiahmampu menemukan rute terpendek dalam perjalanan dari sarang ke tempat-tempat sumbermakanan, sedangkan tujuan dari tugas akhir ini yaitu untuk merancang dan mensimulasikanantnet algorithm serta mengetahui performansi dari algoritma ini dengan melihat Quality ofService (QoS).Dari simulasi dan analisis yang dilakukan, didapat bahwa hasil panggilan layanan VoIP padaAntnet Algorihm memiliki nilai rata-rata terbaik untuk throughput sebesar 25,86 kbps, packetloss sebesar 3,41 %, one way delay rata-rata sebesar 107,97 ms, jitter sebesar 3,07 ms ,sedangkandengan OSPF memiliki nilai rata-rata terbaik untuk throughput sebesar 25,91 kbps, packet losssebesar 3,19 %, one way delay rata-rata sebesar 106,19 ms, jitter sebesar 3,03 ms dan tentu sajahal ini memenuhi standar international untuk layanan VoIP. |