Pemasaran celana jadi produksi PT. Rana Sankarana di luar negeri
Harino; Eka Lindadevi;
Soegito Reksodihardjo, supervisor
([Publisher not identified]
, 1990)
|
ABSTRAK Pemerintah sangat mendukung setiap usaha yangberorientasi ekspor. Salah satu usaha yang berorientasiekspor dan menghasilkan devisa banyak adalah sektor non-migas, khususnya tekstil dan produk tekstil. Dalam tahun1988/89 ekspor non-migas dan komoditi tekstil dan produktekstil, menduduki tingkat kedua terbesar setelah kayu.Industri produk tekstil (garmen) Indonesia mulai aktif kirakira duapuluh tahun lalu. Untuk pemasarannyai Amerikaserikat dan Masyarakat Ekonomi Eropa adalah negara tujuanekspor terbesar. Ekspor Indonesia ke negara tersebut adalahberdasarkan kuota yang diatur dalam Multi Fiber Arrangement(MFA). Gambaran profil industri garmen Indonesia saat inimempnyyai beberapa ciri, yaitu : * Proses industri garmen menciptakan nilai tambah kira?kira sebesar 50%. * Lokasi usahanya terkonsentrasi di Jakarta dan JawaBarat. * Bentuk investasi yang dilakukan sebagian besar berupaPenanaman Modal Dalam Negri. * Sebagian besar perlengkapan dalam industri berusiadibawah 15 tahun dan berupa mesin impor dari berbagainegara, terutama Jepang. * pasaran terus berkembang baik di dalam negri maupundi luar negri. * produksi berkembang terus dengan tingkat kenaikanrata-rata 15% per tahun. Dalam usaha meningkatkan pasaran ekspor produksi garmenyang terus meningkat industri garmen Indonesia ternyatamasih menghadapi berbagal kendala dan tantangan, yaituKendala* Garmen juga diproduksi oleh sesama negara berkembanglain dan NIC. * Pasar ekspor mencerminkan derived?demand, yaitupermintaan produk tergantung dari permintaan yangditerima lewat perantara/agen. * Penguasaan informasi pasar masih lemah. * Ekonomi biaya tinggi masih belum sepenuhnya bisadihilangkan karena banyaknya faktor hinggamengurangi dayasaing industri. Tantangan * persaingan semakin tajam, baik dengan negara majumaupun dengan sesama negara berkembang. * Tindakan proteksi dan kuota beberapa negara makinmempersempit pasar. * Kemajuan teknologi memungkinkan negara majumemproduksi garmen dengan lebih efisien sehinggamenyaingi produk negara berkembang. * Timbulnya blok-blok perdagangan, misalnya AmerikaSerikat, Kanada Pasar Tunggal Eropa, Australia danSelandia Baru juga mempersempit pasar. * Kemungkinan hapusnya MFA dan dimasukkannya produktekstil ke dalam GATT akan mempertajam persaingan. PT Rana Sankara yang dipilih sebagai obyek pengkajianini tidak mampu memperoleh tingkat pertumbuhan yang berarti.Dari hasil pengkajian dijumpaƬ adanya beberapa petunjuk yangmerupakan penyebabnya, yaitu : * Produksi dan pemasarannya berdasarkan job-order. * Tingkat pergantian karyawannya tinggi. * Adanya kapasitas?lebih secara musiman. * Produktivitas karyawannya rendah. Untuk mencapai tingkat pertumbuhan yang lebih baikdengan mempertimbangkan situasi dan kondisi yang ada,Perusahaan perlu mengambil berbagai larigkah perbaikan, yaitu:a. memanfaatkan kapasitas-lebih mesin dengan cara : * Mencari pesanan?pesanan baru dan agen.* Melayani pasaran?bebas di luar agen negara kuota denganproduk yang ditangani atau produk yang baru. b. Meningkatkan produktivitas tenaga kerja melalui : * Latihan yang efektif. *Motivasi dengan pendekatan balas jasa lebih baik danpenciptaan lingkungan kerja yang lebih menyenangkan. c. Mengurangi tingkat pergantian pegawai dengan : * Mernberi kesempatan untuk mengembangkan diri * Membuat kesepakatan kerja bersama (KKB) dan mempermudahpembentukan Serikat Pekerja. |
T2204-Harino & Eka Lindadevi.pdf :: Unduh
T2204-Harino & Eka Lindadevi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ita rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 117 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-867734004 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20439600 |