:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Kajian poskolonial terhadap buku ajar keterampilan bahasa inggris yang digunakan di universitas-universitas di Indonesia

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk-bentuk poskolonial
yang ada pada buku ajar keterampilan Bahasa Inggris yang digunakan di
universitas di Indonesia. Objek dari penelitian ini adalah buku-buku ajar
keterampilan Bahasa Inggris tersebut. Terdapat empat universitas yang diambil
sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu Universitas Negeri Yogyakarta,
Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas
Negeri Surabaya. Analisis data dilakukan dengan menerapkan analisis konten,
metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara sembilan bentuk
poskolonial yang dikaji dalam penelititan ini, yaitu superioritas Barat,
subordinasi Timur, praktik penjajahan, mimikri, hibriditas, diaspora, politik
tubuh, nasionalisme, serta abrogasi dan apropriasi, tujuh bentuk poskolonial
ditemukan dalam tulisan ini.

 Metadata

No. Panggil : 490 KAN 7:1 (2011)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 1907204X
Majalah/Jurnal : Kandai : jurnal bahasa dan sastra 7 (1) Mei 2011. Hal. : 1-12
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
490 KAN 7:1 (2011) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20439672