Deskripsi Lengkap

Sumber Pengatalogan :
ISSN : 20891814
Majalah/Jurnal : Jurnal eksplora informatika 3 (1) September 2013. Hal. : 17-28
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 0
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
005 JEI 3:1 (2013) TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20439835
 Abstrak
Pembukaan kelas merupakan salah satu bagian terpenting pada institusi pendidikan disaat awal pembelajaran yang akan dimulai. Dalam melakukan pembukaan kelas harus didukung dengan analisa data yang kuantitatif dengan hasil yang terukur sehingga menghasilkan jumlah kelas yang akurat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pembukaan kelas diperiode berikutnya dengan cara meramalkan, dimana metode peramalan yang digunakan adalah metode regresi linear. Di dalam metode regresi ini menggambarkan hubungan antara paling tidak satu/lebih variabel bebas (independent variable) dan satu variabel bergantung (dependent variable) dengan tujuan untuk meramalkan nilai variabel bergantung dalam hubungan dengan nilai variabel bebas tertentu. Penelitian ini menggunakan periode waktu sebagai variabel bergantung dan data jumlah mahasiswa default serta mahasiswa yang kemungkinan mengulang dan yang belum mengambil sebagai variabel bebasnya. Data yang digunakan adalah data history pada 3 tahun yang lalu. Dengan mengimplementasikan regresi linear kedalam sistem pembukaan kelas ini memberikan kemudahan dalam melakukan perhitungan serta mengurangi terjadinya drop kelas.