Pengendalian persediaan pada perusahaan komputer PT. Infor Sarana : suatu studi kasus
Adiati Hardjanti;
Otje Soetoto, supervisor
([Publisher not identified]
, 1995)
|
ABSTRAK Perusahaan komputer Amerika menunjuk suatu perusahaan jasakomputer nasional sebagai agen untuk menangani pemasaran produk sertajasa sistem informasinya di Indonesia, sesuai dengan peraturan pemerintahpada tahun 1968 yaitu UU no.6/1968 yang mengharuskan semuaperusahaan asing yang bergerak dibidang perdagangan barang dan jasauntuk mengalihkan usaha mereka kepada perusahaan nasional menjelangakhir 1977. Hasil penjualan selama empat tahun berturut-turut mulai tahun 1991sampai dengan tahun 1994 berkisar antara Rp.170 - Rp.185 milyar danprosentasi persediaan dibandingkan dengan total asset secarakeseluruhan berkisar antara 18 % -22 %. Untuk menjamin kelangsungan pemasaran produk dan jasa-jasanya,perusahaan berusaha menjalankan pengendalian terhadap persediaan sebaikmungkin dengan didukung oleh sistem informasi yang terintegrasi danmelakukan pengawasan secara kontinue (berkesinambungan). Meskipunada perbaikan, nilai persediaan dalam neraca untuk empat tahun ini masihbelum menunjukkan angka yang menggembirakan. Hal ini dapat dilihatdari pengamatan secara langsung digudang-gudang perusahaan danlaporan yang ada mengenai persediaan. Produk-produk yang seharusnyatidak menjadi persediaan, ternyata berada digudang dalam waktu yangcukup lama, yang berarti bahwa pengelolaan persediaan dalam perusahaanini masih perlu ditingkatican kualitasnya. Produk yang dijual oleh perusahaan ini disimpan dalam dua gudangyang terpisah dan terdiri dari: -. persediaan komputer berdasarkan pesanan (built to order) -. persediaan komputer berdasarkan perencanaan (built to plan) -. persediaan suku cadang. Dalam karya akhir ini akan dianalisa permasalahan yang dihadapiperusahaan dalam pengelolaan persediaan dan diakhir karya tulis iniakan diberikan saran-saran perbaikan daripada sistem persediaan,sehingga dapat meningkatkan kineija dan sistem manajemen persediaan,tanpa mengganggu proses penjualan maupun pemeliharaan inesin-mesinkomputer ditempat pelanggan. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | vi, 89 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-472243541 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20439990 |