ABSTRAK Corporate governance adalah suatu konsep yang dikenal sebagai keterkaitanantara kepemilikan suatu organisasi perusahaan dan manajemen serta perananketerkaitan dan tanggungiawab pada pihak-pihak yang terkait langsung maupun tidaklangsung pada perusahaan stake holder responsibility. Corporate governance yangefektif akan membentuk sistem check and balance atas pengendalian suatuperusahaan sehingga dapat meminimalkan peluang terjadinya penyimpangan dansalah urus dalam pengelolaan perusahaan. Sistem corporate governance yang sehatmemberi perlindungan terhadap para pemegang saham dan pihak kreditur sehinggamereka bisa meyakinkan dirinya akan perolehan kembali investasinya dengan wajar. Prospektus merupakan alat marketing perusahaan sebagai emiten di pasar modaluntuk mengkomunikasikan keberhasilan dan prospek usahanya juga sebagai dasarpengambilan keputusan para pemegang saham dalam menanamkan modalnya.Prospektus yang mencerrninkan prinsip-prinsip corporate governance mencerminkansuatu perusahaan concern akan sistem manajemen yang baik yang menerapkancorporate governance dalam sistem dan operasinya. Tentunya Prospektus yangdidalamnya mencerminkan corporate governance sangat dibutuhkan dalam duniausaha saat ini tidak saja untuk menarik minat investor dalam menanamkan modalnyajuga untuk memberikan kepastian bagi investor bahwa dana investasinya digunakansecara tepat, selain itu perusahaan itu sendiri menjamin sistem pengelolaanperusahaan yang baik, transparan, jujur dan bertanggung jawab. Evaluasi terhadap prospekus perusahaan di Indonesia dilakukan untuk melihatdan mengkaji apakah prinsip-prinsjp corporate governance telah tercermin ataudisajikan dalam prospektus perusahaan di Indonesia pada saat ini. Penelitiandilakukan terhadap 20 buah prospektus dan perusahaan yang melakukan penawaranumum selarna periode Januari 2000 ? April 2001. Evaluasi tersebut menggunakan kerangka dan prinsip- prinsip corporategovernance sebagai berikut: 1. Fairness Yang mencakup evaluasi terhadap prinsip hak-hak pemegang saham, persamaanperlakuan terhadap para pemegang saham, komposisi kepemilikan, komunikasi, haksuara (voting right), dan dividen. 2. Transparency Tranparency ini merupakan prinsip corporate governance yang memuat kerangkaprinsip corporate governance yaitu tui uan perusahaan, tujuan penawaran urnurn, kegiatanusaha perusahaan, kinerja perusahaan, informasi keuangan, resiko usaha, strategiperusahaan, prospek usaha perusahaan, rencana dan target perusahaan, teknologi,penelitian dan pengembangan (R&D), dan budaya perusahaan. 3. Accountability Prinsip ini terdiri dan sistem pengawasan, balance of power, struktur organisasi,kepengurusan dan pengawasan, kompetensi eksekutif puncak, kebijakan remunerasieksekutif puncak, sisteni pengangkatan eksekutif puncak, penilaian kineija eksekutifpuncak perusahaan. 4. Responsibility Evaluasi terhadap prinsip responsibility meliputi evaluasi terhadap, hukwn danperaturan, masalah hukum, pegawai perusahaan, sistern remunerasi pegawai perusahaan,sistem pengadaan pegawai (rekruitment), pengembangan pegawai, hubungan perusahaandengan pegawai, lingkungan, dan sosial kemasyarakatan. Dan keranglia corporate governance diatas, evaluasi tethadap 20 prospektusdilakukan dengan penilaian kuantitatif yang disusun kedalam kategori miai sebagaiberikut: Antara baik sampai dengan baik sokali (81-100), secLang sa.rnpai balk (61-80),kurang sampai sedang (41-60), Sangat kurang sampai kurang (21-40) dan tidak adasarnpai kurang (O-20). Dari hasil penilaian tersebut didapat bahwa prinsip fairness memperoleh nilaisebesar 48 dalam anti penyajiannya antara kurang sampal sedang, prinsip tranparencymeridapat nilai 70 yang berarti sedang sampai baik, prinsip accountability memperolehnilai rata-rata keseluruhan 40 berarti sangat kurang hingga kurang dan prinsipresponsibility mendapat nilai rata-rata keseluruhan 62 yaltu antara sedang sanipai baik.Karya tulis ini ditutup dengan saran-saran bagi perbaikan dalarn penyusunansebuah prospektus. Saran-saran tersebut mencakup saran untuk memperhatikan prinsipprinsip corporate governance dalam prospektus sesuai dengan kerangka corporategovernance yang telah dijadikan acuan evaluasi yang dirasa masili kurang penyajiannyadalani suatu prospektus.. |