Rumah sakit menghadapi persaingan dalam memberikan pelayanan yang bermutudalam mempertahankan kepercayaan customer. Salah satu pelayanan potensialyang menggambarkan citra pelayanan rumah sakit adalah pelayanan rawat inapyang diberikan oleh tenaga perawat profesional dengan memberikan asuhankeperawatan selama 24 jam dengan pasien. Hasil survey persepsi pasien terhadapasuhan keperawatan periode Juli-Desember tahun 2010 di rawat inap RS Hajimenunjukkan angka persentase sebesar 68,8% di mana hasil tersebut belummencapai target yang telah ditentukan oleh Bagian Keperawatan. Asuhankeperawatan merupakan bentuk kinerja tenaga perawat.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengankinerja perawat pelaksana di rawat inap RS Haji Jakarta tahun 2011. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan disain cross sectionalmenggunakan Uji t dan Uji korelasi regresi. Pengambilan sampel penelitiandengan metode simple random sampling dengan jumlah sampel yang didapatkanadalah 98 responden perawat rawat inap RS Haji Jakarta dengan pengambilandata primer menggunakan instrumen kuesioner.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa lebih banyak responden yangmemiliki kinerja yang baik (67,3%). Didapatkan pula bahwa variabel gayakepemimpinan (kepemimpinan direktif, kepemimpinan suportif, kepemimpinanpartisipatif), disain pekerjaan, dan motivasi memiliki perbedaan yang signifikandengan kinerja dengan p value <0,05. Sedangkan, variabel karakteristik individu,sumber daya, dan insentif tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengankinerja.Saran dari penelitian ini antara lain mengembangkan instrumen penilaian kinerjaperawat dengan melibatkan rekan kerja (peer group) dalam tim serta masukan danharapan dari pasien/customer, lebih memperhatikan masukan dari aspek pasiendalam perbaikan kinerja, melakukan follow up setiap program pelatihan yangdiberikan kepada kepala ruangan, mengkaji kembali kebijakan internal mengenaiinsentif, mengembangkan insentif positif dan negatif berupa reward danpunishment yang bersifat non finansial, mendisain kembali pekerjaan denganpengembangan dan pengkayaan SOP dan Uraian tugas serta pengkajian kembalibeban kerja, dan berkomitmen tinggi untuk pengembangan karir perawat dalamjangka panjang. Hospitals face competition in providing quality services to maintain customerconfidence. One of the potential services that describes the image of hospitalservices are inpatient services provided by professional nurses to provide nursingcare for 24 hours with the patient. The survey results of patient satisfaction,nursing care period July to December of 2010 in hospital inpatient Hajj shows thepercentage rate of 68.8% in which the results are yet to reach the target set by theNursing Section. Nursing care is a form of performance of nurses.The purpose of this study was to determine the factors associated with theperformance of nurses in hospital inpatient Hajj Jakarta in 2011. The researchmethod is quantitative method with cross sectional design using t tests andregression correlation test. The sampling method is simple random sampling withthe number of samples is 98 respondents who obtained inpatient hospital nursesHajj Jakarta with primary data collection using a questionnaire instrument.Based on the results, more respondents have a good performance (67.3%). It wasfound also that the variables of leadership style (directive leadership, supportiveleadership, participative leadership), work design, and motivation have asignificant difference in performance with a p value <0.05. Meanwhile, individualcharacteristics variables, resources, and incentives have no significant differencein performance.Advice from this research include developing performance appraisal instrumentsof nurses by involving peers (peer group) in the team as well as suggestions andexpectations of patients / customers; more attention to suggestions from the aspectof patient in performance improvement; follow up on any training programprovided to the head room; reviewing internal policies regarding incentives;develop a positive and negative incentives in the form of reward and punishmentthat are non financial; re-work design with the development and enrichment SOPs,job descriptions, and review of work load; and highly committed to careerdevelopment of nurses in long-term. |