:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Menjaring potensial pasar di Indonesia dalam strategi pengembangan pasar global : studi kasus Egisys AG dan PT. Egisys Indonesia

Martin Haryadi; Jimmy Sadeli, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Pembahasan karya akhir ini adalah pengembangan pasar yang dilakukan Egisys AG
di Indonesia sebagai langkah awal memasuk pasar di Asia PasifĂ­k. Perusahaan yang
memiliki basis di Jerman ini, telah merealitakan misinya tersebut dengan mendirikan PT.
Egisys Indonesia (El) sebagal anak perusahaannya di Indonesia pada Sepetember 2000,
Pada masa awal sejak pendiriannya, EI masih beroperasi sebagai kepanjangan tangan dan
Egisys AG, dimana pesanan pekerjaan yang diterima berasal dari peianggan-pelanggan
yang dimiliki oleh Egisys AG. Namun kini EI telah siap untuk masuk ke pasar Indonesia
sebagai komitmen mereka terhadap misi dan perusahaan induk. Hal ini dibuktikan dengan
dibentuknya divisi khusus untuk pemasaran sekitar pertengahan 2001.
Seperti halnya Egisys AG, EI bergerak didalam industri teknologi informasi yang
dlkhususkan pada pengaplikasian visualisasi tiga dimensi (3D visualization). Namun tidak
seperti anak perusahaan lainnya (Curious Labs dan Magic Maps) yang memproduksi dan
memasarkan produk internalnya yang berupa software, El hanya memasarkan jasa dengan
pengoperasian dan software tersebut. Jasa tersebut dicoba untuk dipasarkan kepada
perusahaan-perusahaan (B to B), dimana jasa yang ditawarkan memberikan solusi bisnis
bagi para perusahaan tersebut.
Namun mereka menghadapi kendala dalam memasuki pasar Indonesia dikarenakan
awareness pelanggan terhadap jasa yang mereka tawarkan masih sangat minim, bahkan
hampir dapat dikatakan belum ada. Oleh karena itu perusahaan berusaha untuk melakukan
kegiatan-kegiatan pemasaran seperti halnya roadshow / seminar dengan mengundang para
usahawan. Dari raadshow putaran pertama, mereka berhasil memperoleh beberapa
ekspektasi dari calon pelanggan. Yang pertama adalah mengenai harga yang bagi mereka
dinilai relatif tinggi, meskipun untuk jasa terdiferensiasi seperti ini kualitas Iebih
diutamakan dibandingkan harga. Akan tetapi hal ini dapat dimaklumi mengingat para
perusahaan belum sepenuhnya mengerti dan merasakan atas manfaat apa yang dapat
mereka peroleh apabila jasa tersebut diaplikasikan ke dalam bisnis mereka. Oleh
karenanya EI berusaha untuk mencarikan alternatif lain untuk menurunkan harga melalui
mekanisme lisensi. Ekspektasi lain yang berhasil ditangkap oleh El adalah adanya keragu
-raguan para perusahaan atas kemampuan mereka untuk mengoperasikan aplikasi jasa
berteknologi tinggi tersebut dalam operasional perusahaan mereka. Oleh karenanya El
menawarkan jasa pelatihan bagi mereka yang berniat untuk menggunakan jasa tersebut.
Dari beberapa strategi yang dilakukan oleh ET, Penulis melihat masih adanya
beberapa strategi penting yang dapat dilakukan oleh ET. Secara sistematis, Penulis
mencoba mengembangkan strategi tersebut dengan terlebih dabulu mengindentifikasikan
misi global perusahaan, menganalisa lingkungan bisnis serta analisa perusahaan, yang
dilanjutkan dengan pemilihan basis strategi. Strategi-strategi yang Penulis coba
kemukakan akan banyak tampak pada pembahasan mengenai segmentasi, bauran
pemasaran dan aliansi. Strategi-strategi tersebut masih terkait erat dengan tujuan
perusahaan untuk mencoba secepat mungkin masuk ke dalam pasar dengan meningkatkan
awareness dan permintaan dari pelanggan.
Melalui pendekatan segmentasi, maka perusahaan diharapkan dapat mentargetkan
pelanggan yang dianggap potensial serta memberikan positioning yang tepat pada
pelanggan tersebut. Sementara itu mendesain bauran pemasaran yang baru dinilai penting,
karena perusahan menghadapi pasar yang baru. Bauran pemasaran yang baru ini akan
membantu perusahaan dalam mengatasi masalah peningkatan permintaan dan awareness.
Akhirnya Penulis memberikan sejumIah alternatif perusahaan yang dapat dijadikan mitra
aliansi bagi El, yang juga dapat menjawab permasalahan-permasalahan diatas.
Sebagai kesimpulan dan saran, Penulis memberikan beberapa hal yang perlu
diperhatikan oleh El, agar dapat menjalankan strategi-strategi tersebut dengan sukses dan
memperoleh hasil optimal dan pengimplementasiannya.

 File Digital: 1

Shelf
 T2611-Martin Haryadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T2611
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 72 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T2611 15-17-888099011 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440178