Strategi pemasaran dalam menghadapi kasus pembajakan cd musik di Indonesia khususnya DKI Jakarta
Oktarini Lestari Eko Hastuti;
Adi Zakaria Afiff, supervisor
([Publisher not identified]
, 2000)
|
ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki ukuran presentasejumlah bajakan sebesar 10% - 25%. Dengan total kerugian sebesar USS 173.6 juta padatahun 1999 dan US$ 187 juta pada tahun sebelumnya. Pembajakan CD musik dimulaisejak pertengahan tahun 1995, merebaknya kasus pembajakan CD musik di Indonesiahingga kini masih belum terselesaikan dan masih berkelanjutan. Hingga akhir tahun 1999menurut data USTR, Amerika Serikat mengalami kerugian atas pembajakan yang berlakudi Indonesia terhadap lagu-lagunya sebesar US$ 3 juta. Angka tersebut sudah mengalamipenurunan dari tahun 1997 yang berkisar US$ 9 juta. Penurunan angka tersebut dapatdikarenakan sudah mulai membaiknya keadaan politik dan ekonomi di Indonesia. Berdasarkan hasil pengolahan data terlihat bahwa faktor lokasi, Iingkungan sosial,iklan, harga, kualitas dan kompilasi sangatlah berpengaruh bagi masyarakat atauresponden pada umumnya. Selain itu kebutuhan akan adanya kampanye atau seminarmusik tentang sisi positif membeli CD resmi juga dirasa sangat penting bagi sebagianbesar responden, dengan demikian maka akan lebih baik bila dilakukan secara intensifkampanye atau seminar yang dilakukan oleh para musisi/artis atau tokoh masyarakatyang tentunya sesuai dengan tempat atau segmen yang dituju. Sedangkan untuk masalahhukum, meskipun sebagian besar responden sudah sangat mengetahuinya danmenyatakan bahwa hukum yang berlaku tersebut sudah sangat tepat, tetapi kebiasaanmembeli CD bajakan masih tetap berlangsung, maka untuk menghadapi hal tersebutselain diperlukan opini leader bagi masyarakat, juga diperlukan informasi yang terbarudan pemberian added value bagi setiap konsumen sehingga dapat menambah keyakinanpara konsumen untuk memilih dan membeli CD resmi. Dengan demikian untukmengatasi hal tersebut, penulis mencoba menggunakan strategi pemasaran sepertimarketing mix, pull dan push strategi dalam menghadapi kasus pembajakan ini. |
T2615-Oktarini Lestari Eko Hastuti.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T2615 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 139 pages: illustration; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T2615 | 15-19-156328239 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440191 |