Model optimasi frekuensi penerbangan service domestik PT. Garuda Indonesia
Dwi Hendratno Hery W.;
T. Simonthy R. Fuad, supervisor
([Publisher not identified]
, 1996)
|
ABSTRAK Perusahaan penerbangan dewasa ini menghadapi persaingan yang semakinketat. Dengan adanya deregulasi di bidang penerbangan, trend yield yang cenderungmenurun, menambah tingkat persaingan untuk bekerja dengan lebih efisien lagi.Perusahaan penerbangan yang tidak dapat bekerja dengan efisien akan tertinggaldalam percaturan industri penerbangan. Pesawat terbang merupakan aset yang paling berharga dari sebuah perusahaanpenerbangan. Harganya yang sangat mahal dan perawatannya yang tidak mudahmenuntut pengelolaan yang serius dan aset tersebut. Penanganan yang kurang tepatterhadap aset ini akan dapat menyebabkan kerugian yang tidak kecil bagi perusahaan. Jaringan rute penerbangan merupakan bagian yang sangat vital bagiperusahaan penerbangan karena dari jaringan inilah yang menghasilkan pendapatan,sehingga menuntut penanganan yang serius terutama dalam pemilihan penggunaanjenis pesawat. Penentuan yang kurang tepat dalam suatu jalur penerbangan akandapat sangat merugikan perusahaan. Banyak variabel yang berpengaruh dalampemilihan jenis pesawat yang harus diperhatikan untuk melayani suatu rute, sehinggapemilihannya tldaklah selalu mudah. Atas dasar masalah dan variabel-variabeltersebut, maka dalam Karya Akhir ini dlcoba suatu model linear programming yangdigunakan untuk memecahkannya. Fungsi obyektif yang dipilih dalam model ini adalah untuk mendapatkanmaksimum keuntungan/profit dan operasi penerbangan service domestik PT GarudaIndonesia. Variabel keputusannya adalah jumlah frekuensi penerbangan per tahun,jenis pesawat yang dipakai, daci jumlah penumpang yang diangkut dart suatu rut ttertentu. Kendala ditentukan oleh keterbatasan jurnlah pesawat, jamlah penuinpangyang harus diangkut dan satu kota asal ke kota tujuan, jumlah armada yang dimiliki,dan utilisasi masing-masing jenis pesawat. Rute penerbangan yang dipilih untuk model ini adalah rute penerbanganservice domestik PT Garuda Indonesia sebagal model awal untuk dapat dikembangkanlebih lanjut. Dari model linear programming yang dlsusun kemudian dicari optimaslnyameriggunakan program komputer UNDO, yang memberikan suatu alternatifpemilihan jenis pesawat terbang dan frekuensi dalam menerbangi suatu rute dengankeuntungan yang paling maksirnal. Hasil komputasi ini kemudian diperbandingkandengan jadwal yang digunakan sekarang. Dan hasil tersebut terlihat bahwa jenispesawat yang disarankan relatif sesuai, tetapi jumlah frekuensinya lebih besardibandingkan dengan yang berlaku saat InI. Tentunya alternatif pemilihan jenispesawat udara yang dlperoleh dan UNDO harus dipelajari dengan memasukkan unsurpemasaran dan preferensl dan pelanggan sebelum dlputuskan pemakaiannya dilapangan. |
T2642-Dwi Hendratno Hery W.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 104 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-667561283 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440235 |