:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa kepuasan pelanggan jasa ppenerbangan domestik / Arinarni Haditjaroko

Arinarni Haditjaroko; Asto Sunu Subroto, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Persaingan industri penerbangan domestik indonesia meningkat dengan menciutnya
pasar akibat krisis multidmensional yang tak kunjung pulih. Kehadiran perusahaan
penerbangan baru mempertajam persaingan, apalagi perusahaan baru ini juga merambah ke
rute gemuk yang sebelumnya didominasi oleh pemain lama, seperti Garuda Indonesia,
Merpati Nusantara, Bouraq Indonesia dan Mandala Airlines. Dalam persaingan bisnis yang
ketat dan kompleks tersebut, layanan yang dapat memuaskan pelanggan merupakan
competitive edge. Oleh sebab itu, agar perusahaan dapat menciptakan kepuasan pelanggan
yang tinggi, maka perlu diketahui aspek-aspek yang relevan dengan kepuasan pelanggan.
Dengan dasar peinikiran di atas, maka penelitian ini dilakukan untuk
mengidentifikasi atribut-atribut yang mempengaruhi pelanggan dalam memutuskan
pemilihan perusahaan penerbangan domestik, kinerja masing-masing perusahaan
penerbangan dalam memuaskan pelanggan, faktor-faktor pendorong kepuasan, dan posisi
relatif masing-masing perusahaan penerbangan. Selain itu dikaji hubungan kepuasan
pelanggan dengan loyalitas dan perilaku mengeluh, serta implikasi manajerial dari hasil
penelitian.
Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari 100 responden yang
berdomisili di Jabotabek melalui pengisian kuesioner di mana pengumpulan data dilakukan
dengan metode self-administered survey. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui
penelitian eksploratif terhadap berbagai media cetak. Metode pemilihan sampel yang
digunakan adalah non probability sampling (convenience sampling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut-atribut yang mempengaruhi
pelanggan dalam memutuskan pemilihan perusahaan penerbangan berdasarkan urutan
prioritas adalah kemudahan memperoleh tiket pesawat, harga tiket yang terjangkau, dan
keramahan staf/petugas (pada kategori ?sebelum penerbarigan?); ketanggapan awak kabin
dalam memecahkan masalah dan berfungsinya fasilitas yang ada, dan keramahan awak
kabin (pada kategori ?selama penerbangan?); dan ketepatan penanganan bagasi (pada
kategori ?sesudah penerbangan?).
Hasil analisa terhadap kinerja perusahaan menunjukkan bahwa pelanggan yang puas
paling banyak dijumpai pada Garuda, dan berturut-turut diikuti oleh Merpati, Bourag
dan Mandala.
Dengan mengacu kepada tingkat kepentingan dan prioritas atribut, ketanggapan
awak kabin dalam memecahkan masalah yang termasuk dalam kategori layanan selama
penerbangan selain merupakan atribut yang menduduki prioritas tertinggi daiam keputusan
pemilihan jasa penerbangan domestik, juga merupakan atribut yang perlu ditingkatkan
kinerjanya oleh masing-masing perusahaan penerbangan.
Atribut strategik yang perlu ditingkatkan kinerjanya dapat diidentifikasi berdasarkan
keunggulan pesaing tethadap atribut yang memiliki prioritas tinggi. Hal yang menonjol
tampak pada Garuda dalam pemberian harga yang dianggap terjangkau oleh pelanggan.
Sementara pesaingnya (Merpati, Bouraq dan Mandala) menunjukkan kinerja yang baik
dalam harga tiket pesawat, Garuda menunjukkan kinerja yang sebaliknya.
Faktor yang paling mendorong kepuasan keseluruhan adalah kepuasan selama
penerbangan, sedangkan kenyamanan interior merupakan faktor yang paling mendorong
kepuasan selama penerbangan
Dilihat dari posisi antar perusahaan penerbangan, diketahui bahwa perusahaan
penerbangan memiliki ciri yang dominan dalam memuaskan pelanggan, kecuali Mandala.
Dengan demikian, maka hanya Mandala yang tidak memiliki positioning yang jelas.
Temuan lain menunjukkan bahwa minat untuk tetap menggunakan jasa
penerbangan yang sama di masa mendatang dan kesediaan untuk merekomendasikan jasa
penerbangan tersebut kepada pihak lain lebih tinggi pada mereka yang puas dibandingkan
dengan mereka yang tidak puas, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelanggan
yang puas lebih loyal dibandingkan pelanggan yang tidak puas.
Ditemukan pula bahwa pelanggan yang tidak puas belum tentu bersedia untuk
menyampaikan masalahnya kepada pihak perusahaan penerbangan. Hal ini terutama
disebabkan perusahaan penerbangan belum dapat meyakinkan pelanggan akan kredibilitas
mereka dalam menangani masalah pelanggan. Sementara itu, temuan juga menunjukkan
bahwa pelanggan yang puas Iebih bersedia untuk merekomendasikan jasa penerbangan
yang sama kepada pihak lain dibandìngkan pelanggan yang tidak puas.
Temuan-temuan pada penelitian ¡ni mengarahkan pada hal-hal yang seyogyanya
dilakukan oleh perusahaan penerbangan domestik., yaitu: (1) mendesain jasa berdasarkan
atribut yang memiiki prioritas tinggi; (2) mengidentifikasi atribut-atribut yang memiliki
nilai strategik untuk memenangkan persaingan melalui benchmarking dan penetapan
standar layanan yang sesuai dengan tuntutan pasar sasaran; (3) mengembangkan strategi
untuk memaksimumkan kepuasan pelanggan, diantaranya melaiui pengelotaan harapan
pelanggan yang efektif; (4) mendemonstrasikan kepedulian serta kredibilitas perusahaan
dalam penanganan masalah pelanggan melalui praktek-praktek pemulihan layanan (service
recovery) yang komprehensif dan tenntegrasi Dengan meleverage pemulihan layanan.
maka loyalitas pelanggan dapat ditingkatkan

 File Digital: 1

Shelf
 T2643-Arinarni Haditjaroko.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ;
Tipe Carrier : online resource ;
Deskripsi Fisik : xv, 121 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-643338778 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440236