ABSTRAK Trend penjualan minuman energi di Indonesia menunjukkan grafikpeningkatan yang sangat signifikan sejak tahun 1999. Peningkatan permintaan iniditerjemahkan sebagai peluang, hal ini dapat dilihat dari jumiah produsen yang terusbertambah setiap tahunnya. Bertambahnya jumlah pemain dalam produk minumanenergi membuat persaingan antar induslri menjadi semakin ketat. Hal ini dapat dilihatdari semakin maraknya industri-industri memasarkan produknya, yang salah satunyaditandai dengan semakin gencarnya ikian-ikian yang bermunculan di berbagai media. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukkan-masukkan yang bisadijadikan bagi penyusunan kebijakan periklanan untuk produk minuman energi. Salahsatu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan segmentasipsikografis, yang menghasilkan pembagian kelompok-kelompok dan penggunaminuman energi dan pemahaman mengenai gaya hidup dan kepribadian dankelompok-kelompok pengguna minuman energi. Target responden yang digunakandalam penelitian ini adalah mahasiswa dan pekerja kantoran. Pemilihan kedua targetresponden disebabkan keduanya merupakan salah satu sasaran dan produk minumanenergi disamping keduanya memiliki kebiasaan mengkonsumsi media lebìh tiggi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah exploratory research dandescriptive research. Exploratory research bertujuan untuk memberikan gagasan,wawasan, dan pemahaman atas situasi permasaran yang dihadapi oleh peneliti.descriptive research yaltu tipe riset konklusif yang bertujuan utama untuk mencariinformasi data primer beru[a data kuantitatif. Metode utama yang digunakan dalam analisis data adalah analisis cluster. Pendekatan cluster yang digunakan adalah K-Means Cluster. Analisis cluster bekerja atas dasar pengelompokkan kesamaan jawaban, dimana dalam penelitian ini digunakan 41 variabel. Pengembangan variabel-variabel dilakukan atas dasar AIO inventory. Hasil penelitian ditemukan terdapat empat segmen peminum minuman energi. Ke empat kelompok itu adalah emotional poeple, idealism people, sports people dan lifestyle people. Kelompok pertama, emotional people, merupakan orang-orang yang memilki ketakutan di dalam mengkonsumsi minuman energi, dimana kompisis terbanyak daru segmen ini adalah wanita. Kelompok kedua adalah idealism peoplesegmen ini merupakan terdiri dari orang-orang yang mempunyai pemikiran idealis.dimana hidup harus berjalan seara sempurna. Dalam melakukan pembelian segmenmemiliki banyak pertimbangan terutama yang berkaitan dengan atribut minumanenergi. Selanjutnya kelompok ke tiga, sports people, adalah orang-orang yangmenyukai olah raga terutama olah raga yang melibatkan kemampuan fisik secarapenuh. Tidak jarang segmen ini mempunyai orientasi bahwa motivasi melakukanolahraga adalah untuk prestasi. Kelompok ke- empat, yaitu kelompok lifestylepeople. Segmen ini mempunyai gaya hidup yang sangat mengikuti mode dunia,seperti mode baju dalam aksesoris gaya hidup. Mereka menginginkan setiap produkyang di kenakan memiliki gengsi. Pandangan mereka juga mengikuti pandanganhidup budaya barat, yaitu menjurus ke arah pergaulan bebas. Hal ini dicerminkanpada aktivitas luang yang dilakukan yaitu pergi ke kafe. Dan secara umum merekamenyukai kegiatan malam atau diskotik. Sesuai dengan tujuan penelitian yaitu memberi masukan-masukan bagikebijakan periklanan. maka perlu meithat kebiasaan konsumsi media yang dilakukanoleh setiap segmen. Segmen emotional people ditinjau komposisinya secarademografi sebagian besar terdiri dari wanita. Untuk itu strategi pemilihan media cetaksebaiknya yang berkaitan erat dengan wanita seperli tabloid Bintang. Segmen ke dua,idealism people, mempunyai program favorit yaitu berita dan kuis. Keadaan inimencerminkan latar belakang pendidikan yang baik yaitu mayoritas S1 dan S2. Makastrategi beriklan untuk membidik segmen ini adalah dengan mengembangkan suatutema iklan yang berkesan pada kebanggaan (pride). Segmen ke tiga, sports people,mempunyai kegemaran membaca dan menonton acara olah raga. Segmen inimempunyai onentasi pada olah raga sangat tinggi, sehingga Iklan yangdikembangkan dapat menggunakan endorser yang telah berprestasi pada dunia olahraga. Demikian pula pada pemilihan media cetak, tabloid dan majalah yangdipergunakan untul beriklan adalah majalah dan tabloid olah raga seperti tabloidBola dan majalah Liga Italia. Segmen keempat, lifestyle people, adalah segmen yangsangat menonjol dalam pola gaya hidup, dan segmen ini cenderung mengikuti polagaya hidup bebas. Tabloid dan majalah yang menjadi favont untuk segmen ini adalahmajalah gaya hidup seperti Popular dan Pop. |