ABSTRAK Bank Muamalat Indonesia adalah bank pertama yang menjalankan prinsipsyariah dalam operasionalnya. Karakteristik prinsip syariah yang paling mudahdikenali adalah prinsip bagi hasil profit/loss sharing, ditambah dengan etikaetika bisnis Iainnya yang telah ditentukan oleh syariah Islam. Empat tahun pertama (1992 -- 1997) perkembangan BMI relatif tidak terlalupesat, apabila dititik polensi pasarnya. Mayoritas dari sekitar 205 juta pendudukIndonesia beragama Islam, sementara dalam Islam sendiri melarang keras praktekpengambilan riba dalam berbagai bentuk bisnis umat Islam. Selama selang waktutersebut, secara rata-rata pertahun BMI memberikan keuntungan lebih kecil di-banding bank-bank konvensional. Namun pada tiga tahun masa krisis ini, BMImenunjukkan resistansi cukup baik terbadap terpaan krisis dibandingkan bank-bank konvensional. Di samping itu pengetahuan masyarakat sendiri terhadap bank syariah masih belum komprehensif sehingga mempengaruhi pilihan masyarakat dalammenggunakan jasa-jasa perbankan. Sebagian faktor keberhasilan yang perlu dipenuhi BMI untuk meningkatkankinerjanya adalah keberhasilan mengkomunikasikan strategi yang dìambil secaraakurat, jelas dan komprehensif kepada seluruh elemen organisasinya serta ketersediaan suatu sistem pengukuran kinerja agar progres pencapaian visi-misi BMIdapat dipantau secara ketat. Salah satu pendekatan yang dapat diambil BMI untuk mewujudkan hal-haltersebut adalah pendekatan Balanced Scorecard. Pendekatan ini akan menampilkan strategi perusahaan dalam bentuk yang lebih komprehensif berdasarkan em-pat perspektif utama yang berkaitan dengan operasi perusahaan. Keempat perspektif tersebut adalah perspektif keuangan yang berkenaan dengan pemegangsaham, perspektif pelanggan yang berkenaan dengan visi pelanggan terhadapperusahaan, perspektif proses internal yang berkenaan dengan operasi BMI sehari-hari, dan yang terakhr perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang berkenaan dengan proses perkembangan perusahaan. Dengan pendekatan ini, dimungkinkan terjadinya persarnaan persepsi diseluruh elernen organisasi dalam memahami strategi perusahaan sehingga tindakantindakan yang diambil oleh masingmasiflg demen perusahaan dapat sejalan dengan strategi perusahaan- Disamping itu progres pencapaian visi-misi BMI dapatpula dipantau melalul índikator-ifldikator yang terdapat Balanced Scorecard yangterbentuk. |