:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa bisnis untuk mengidentifikasi resiko bisnis utama pada suatu perusahaan grosir

Lies Siana Halim; Ancella Anitawati Hermawan, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Persaingan bisnis ritel swalayan di Indonesia akhir-akhir ini semakin ketat sebagai
akibat dari ekspansi yang dilakukan oleh peritel global di pasar Indonesia, menyambut
deregulasi yang ditetapkan pemerintah.
PT X yang menjadi obyek penelitian penulis daIam karya akhir ini adaIah merupakan
pelopor dari kegiatan grosir using di Indonesia. PT X Indonesia hadir dalam bentuk sebuah
pusat perkulakan, dimana memiliki ciri yang berbeda dengan retailer lainnya. Perusahaan ini
memiliki karakteristik yaitu self service, cash and carry operation dengan sistem membership,
menjual makanan dan bukan makanan dengan harga murah, bíaya murah dan kondisi gerai
yang sederhana.
Untuk dapat memperoleh gambaran yang tepat tentang perkembangan PT X. penulis
mengadakan analisis terhadap strategi bisnis yang dijalankan perusahaan dalam beradaptasi
terhadap lingkungan usaha yang selalu berubah. Setelah penulis mengetahui strategi bisnis
yang dijalankan perusahaan, maka penulis juga menganalisa laporan keuangannya yang
merupakan ringkasan dari kegiatan ekonomi yang dijalankan perusahaan.
Setelah mengevaluasi dan menganalisa perkembangan perusahaan, termasuk
didalamnya strategi low cost yang dijalankan PT X dan juga kondisi keuangan perusahaan,
serta melakukan analìsa terhadap Iingkungan makro, industri. proses manajemen strategi dan
proses bisnis utama, maka penulis menyimpulkan bahwa kinerja keuangan dan pengendalian
yang telah dilakukan perusahaan cukup baik tetapi masih terdapat hal-hal yang sebaiknya
diperbaiki untuk dapat bertahan dalam persaingan usahanya.
Untuk menghadapi faktor-faJtor eksternal dan internal yang dihadapi PT X dan guna
menghadapi persaingan yang semakin tinggi di masa depan, maka penulis mengajukan
alternatif perbaikan yang dapat dilakukan perusahaan, yaitu:
. Tetap memonitor bisnis dan kegiatan pesaing, riset pasar dan harga.
. Memperbalki kinerjanya dalam pemlihan lokasi untuk ekspansì gerai baru di lokasi yang
strategis dan tidak di pinggir kota.
. Lebih mempromosikan diri sebagai ritel swalayan termurah
. Meninjau kembali cost dan benefit dari sistem keanggotaan, mempertimbangkan
penjualan satuan sebagai alternatif dan penjualan grosir, mener ¡ma pembayaran dengan
kartu kredit.
. Meningkatkan kenyamanan dengan tetap mempertahankan cost leadership seperti
pengadaan tempat bermain anak atau beristirahat di luar area display
Dengan melakukan Iangkah.-langkah kebijakan strategis tersebut, diharapkan eksistensi
perusahaan dapat berlanjut

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf (sedang dalam proses digitalisasi)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 106 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf (sedang dalam proses digitalisasi) 15-18-772224391 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440434