ABSTRAK Sebagai perluasan usaha dari Toko Dewi Motor yang menjual berbagai jenissuku cadang, aksesori dan reparasi mobil, Bengkel Bubut DM menyediakan berbagaijasa pembubutan mesin (terutama mobil) dan pembuatan produk-produk yangmembutuhkan proses pembubutan mesin. Pemilik perusahaan perorangan ini adalahAmansyah Gunoyadi yang memiliki experience dan expertise di bidang otomotifselama ± 35 tahun, akan mendampingi Hinne anak kandungnya sebagai penasihat,dalam mengelola dan memimpin Bengkel Bubut DM. Brand name, brand awarenessdan customer loyalty yang tinggi, serta experience dan expertise di bidang otomotifyang dimiliki oleh Toko Dewi Motor selama 15 tahun akan berdampak padatimbulnya customer preference terhadap Bengkel Bubut DM. Bengkel Bubut DMalcan berada di lokasi yang sama dengan Toko Dewi Motor, yaitu di JI. Jend.Sudirrnan No. 14 Bekasi. Agar dapat mendesain rencana pemasaran yang efisien dan efektif, Hinnemelakukan riset pasar yang terdiri dari analisa industri (untuk mengetahui seberapabesar market opportunity) dan analisa segmenting-targeting-positioning (agar dapatmenentukan bagaimana cara menjangkau konsumennya, mengetahui produk apa yangdibutuhkan, berapa harga yang Iayak dibebankan, serta bagaimana mempertahankanpasar tersebut dari serangan para pesaing dengan menggunakan kuesioner sebagaitools, pada 50 orang responden berdomisili di ibukota Kabupaten Bekasi yang pernahmenggunakan jasa bengkel bubut di wilayah ibukota Kabupaten Bekasi. Strateginiche pada satu wilayah geografi yaitu ibukota Kabupaten Bekasi akan membidikseluruh pelanggan Toko Dewi Motor terutama PN dan PS dengan mobil pribadimaupun dinas, wirausahawan/wati, dan para teknisi mobil di berbagai bengkel mobil;yang diperkirakan akan memberi kontribusi sebesar 75% dan total revenue. Saat ini terdapat 4 buah bengkel bubut di ibukota Kabupaten Bekasì yangmenyediakan jasa dan produk seperti Bengkel Bubut DM. Tiga diantaranya berskalabesar (Bengkel Bubut: Bambu Kuning, Bekasi Jaya dan Mari) lebih berorientasi padaindustri sebagai target market-nya, sehingga jasa pembubutan mesin (mobil) hanyasebagai pelengkap saja. Dengan demikian Bengkel Bubut DM hanya menghadapi pesaing utama, yaitu Bengkel Bubut Karya Baru. Hal-hal yang membedakan Bengkel Bubut DM dan para pesaingnya yangmerupakan strategi bersaing dan Bengkel Bubut DM yaitu: 1. Nilai Iebih (value added). Selain dapat melakukan oné stop shopping, melaluikonsultasi di hidang otomotif Bengkel Bubut DM dapat membantu konsumenmenemukan solusi terbaik bagi permasalahan yang dihadapi path kendaraanbermotor (mobd) yang mereka miliki. 2. Pemberitahuan waktu penyelesaìan ?pesanan? kepada pelanggan via telepon ataupun fax bahwa ?pesanan? mereka sudah selesai lebjh awal, mengalamiketeriambatan, dan waktu penyelesaiannya. 3. Lokasi strategis yang dirnilikj dimana Bengkel Bubut DM terletak di jalan utamasehingga mudah dicapai dan tidak rawan kemacetan. 4, Waktu penyelesaian ?pesanan? konsumen dapat relatif Iebih cepat dan bengkelbubut lain karena apabila ada suku cadang yang perlu diganti dalam penyelesaian?pesanan? konsumen tersebut, maka suku cadang tersebut dapat Iangsungdiperoleh dan Toko Dewi Motor TYPE OF BUSINESS Bengkel Bubut DM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasapembubutan mesin (mesin) dan pembuatan produk-produk yang membutuhkan prosespembubutan mesin. COMPANY/BUSINESS SUMMARY Bengkel Bubut DM yang merupakan perusahaan perorangan akan didinikan,dikelola dan dipimpin oleh Hinne. Bengkel Bubut DM akan menyediakan berbagaijasa pembubutan mesin (terutama mobil) dan pembuatan produk yang membutuhkanproses pembubutan mesin. FINANCIAL OBJECTIVES Financial plan dan analysis dan business plan ini menjabarkan proyeksi darihasi operasi perusahaan, posisi finansial, cash budgets, penilaian investasi dan breakeven point. MANAGEMENT OVERVIEW Lulus dari Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Tarumanagara tahun1998 dengan predikat ?sangat memuaskan?, Hinne melanjutkan studinya padaprogram Magister Manajemen Universitas Indonesia dengan konsentrasi Manajemeninternasional sebagai bekal untuk mengelola bisnis keluarganya. SERVICE OFFERINGBengkel Bubut DM memberikan berbagai jasa pembubutan mesin (mobil)yang disesuaikan dengan spesifikasi yang diinginkan oleh para pelanggannya. FUNDS REQUESTED Dana yang dibutuhkan untuk start-up capital adalah sebesar Rp.760.000.000,- yang berasal dari Amansyah Gunoyadi, pemilik Toko Dewi Motordan Bengkel Bubut DM. USE OF PROCEEDS Start-up capital tersebut sebagian besar digunakan untuk pembelian mesinmesiri (59.21%) dan one-time costs Iainnya. Selain itu dapat menutup monthlyexpenses selama 3 buÍan pertama beroperasinya Bengkel Bubut DM. |