ABSTRAK industri kelapa sawit Indonesia pada saat ini perkembanganya cukup pesat. Hal iniditandai dengan adanya perusahaan?perusahaan yang melakukan pengembangaii dariperluasan lahan perkebunan kelapa sawit maupun perusahaan-perusahuaan yang melakukaninvestasi baru dalam industri minyak kelapa sawit di Indonesia. Produk minyak kelapa sawit Indonesia sebagian dipasarkan di dalam negeri untukmemenuhi kebutuhan bahan baku industri minyak nabati seperti industri minyak goreng,industri makanan dan industri kosmetik. Sebagian Iainnya dipasarkan/diekspor ke luar negeribaik langsung ke negara konsumen/pembelj maupun pemasaran melalui pasar lelang diAmsterdam. Ekspor minyak kelapa sawit Indonesia merupakan salah satu primadonapenghasil devisa komoditi ekspor non migas. Peran dan kontribusi ekspor minyak kelapasawit Indonesia sebagai salah satu penghasil devisa dari tahun ke tahun terus meningkat.Pemasaran minyak kelapa sawit Indonesia ke luar negeri selama ini masih mengandalkanjalur pemasaran secara tradisional yang memang sudah sejak lama memiliki hubungan historisperdagangan produk-produk industri perkebunan dengan Indonesia, misalnya dengan negaranegara Timur Tengah, Belanda maupun Pakistan. Terobosan terhadap pasar-pasar baruminyak kelapa sawit yang cukup potensial misalnya negara-negara Amerika (Kanada.Amerika Serikat), negara Amerika Latin maupun negara-negara Asia Iainnya seperti Cinaperlu dilakukan. Namun usaha terobosan pasar Iuar negeri ini perlu memperhatikan adanyapesaing utama negara-negara eksportìr minyak kelapa sawit yang cukup kuat misainyaMalaysia yang selama ini merupakan negara pengekspor minyak kelapa sawit utama di pasardunia. Selain itu tumbuhnya negara negara produsen baru yang merupakan saingan potensialsebagai negara produsen dan eksportir minyak kelapa sawit Indonesia misalnya negara Papua New Guinia maupun Ivory Coast perlu diperhatikan dan diperhitungkan. Produsen minyak kelapa sawit Indonesia terdiri atas perusahaan badan usaha miliknegara (PT. Perkebunan Nusantara) dan beberapa perusahaan swasta di antaranuya PT. AstraAgro Lestari tbk., PT. Perkebunun Nusantara dalam memasarkan minyak kelapa sawitnya keluar negeri maupun dalam negeri dilakukan rnelalui kantor pemasaran bersarna (KPB). PT.Astra Agro Lestari dalam memasarkan produk minyak kelapa sawitnya dipasarkan langsungdi dalam negeri serta diekspor ke beberapa negara di luar negeri. PT. Astra Agro Lestari sebagai salah satu produsen minyak kelapa sawit Indonesiatelah melakukan Iangkah antisipasi dalam rnenghadapi persaingan pasar global industriminyak kelapa sawit yang semakin kuat. Langkah-langkah antisipasi yang dilakukan oleh PT.Astra Agro Lestari bertujuan untuk menciptakan keunggulan daya saing produk minyakkelapa sawit di pasar internasional. Beberapa langkah yang telah dilakukan PT. Astra AgroLestari untuk menciptakan keunggulan daya saing minyak kelapa sawitnya di antaranyadengan mengakomodir issu-issu persaingan pasar komoditi primer di pasar internasionalmisalnya produk minyak kelapa sawit yang ramah terhadap Lingkungan ISO 14001 sertaproduk minyak kelapa sawit yang memiliki kualitas prima yaitu memiliki kadar lemak jenuh(fatic acit) yang rendah sehingga aman terhadap kesehatan konsumen. Hal ini tidak hanyadilakukan dalam rangka menghadapi persaingan terhadap produsen minyak kelapa sawit yangada di pasar dunia, namun juga dalam rangka menghadapi persaingan terhadap produksubsitusi minyak nabati Iainnya seperti minyak kacang kedele dan negara Amerika Serikatmaupun minyak bunga matahari dari negara-negara Eropa. Selain itu PT. Astra Agro Lestari juga melakukan peningkatan kemampuan kualitasmanajemen operasi perusahaan dalam industri minyak kelapa sawit maupun meningkatkansarana dan prasarana dalam rangka meningkatkan kualitas produk minyak kelapa sawit yangdihasilkannya di antaranya dengan dukungan pusat sistim informasi untuk melakukanmonitoring operasi produksi pengolahan maupun pengelolaan perkebunan kelapa sawit yangtersebar di lokasi-tokasi perkebunan. Di samping itu PT. Astra Agro Lestari perlumeningkatkan kemampuan dan Core Competence yang dimiliki oleh perusahaan dalamindustri minyak kelapa sawit terutama dengan melakukan diversifikasi produk turunanminyak kelapa sawit dengan memanfaatkan kemajuan teknologi produksi yang terbaru. Produsen minyak kelapa sawit Indonesia di dalam melakukan persaingan pemasaranminyak kelapa sawit di pasar dunia perlu melakukan strategi-strategi dalam rangkamenghadapi produsen pesaing minyak kelapa sawit di pasar internasional baik yang telah adaselama ini maupun produsen pesaing baru. Strategi-strategi dalam melakukan persainganpemasaran minyak kelapa sawit Indonesia di pasar internasional dilakukan dengan tujuanmeningkatkan keunggulan daya saing (Competitive Advantage) komoditi minyak kelapasawit Indonesia di pasar dunia balk dalam menghadapi produsen minyak kelapa sawit pesaingmaupun dalam menghadapì produk subsitusi minyak kelapa sawit di pasar dunia. Strategistrategi yang dipilih tergantung karakteristik produk minyak kelapa sawit yang dipasarkanmaupun lerhadap selera konsumen minyak kelapa sawit di pasar dunia. Dalam menerapkan strategi persaingan pemasaran produk minyak kelapa sawitIndonesia di pasar dunia. produsen minyak kelapa sawit Indonesia perlu melakukan analisisanalisis eksternal maupun internal perusahaan baik meliputi analisis industri minyak kelapasawit itu sendiri, analisis persaingan pemasaran minyak kelapa sawit maupun analisisterhadap kemampuan yang dimiliki perusahaan produsen minyak kelapa sawit Indonesia.Beberapa cara analisa yang dapat dipakai di antaranya analisa industri dengan Five ForcesAnalisis maupun analisa persaingan dengan SWOT analisis. Ada beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh produsen minyak kelapa sawitIndonesia dalam melakukan persaingan pemasaran minyak kelapa sawit di pasar dunia diantaranya strategi aliansi, strategi cost leadership, strategi fokus, maupun strategi pasar globaldan multicountry di pasar internasional. |