ABSTRAK Salah satu faktor yang dapat mendorong perkembanganpariwisata di Indonesia adalah adanya atraksi hiburan,yang merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawanmancanegara dan wisatawan lokal untuk melakukan suatuperjalanan wisata ke suatu tempat. Faktor lain yang akan meningkatkan kebutuhanmasyarakat lokal terhadap sarana hiburan dan rekreasiadalah perubahan jumlah hari kerja yang akan diberlakukansecara nasional. Perubahan jumlah hari kerja yangdiberlakukan oleb pemerintah dari enam hari kerja menjadilima hari kerja setiap minggunya akan meningkatkankebutuhan masyarakat terhadap sarana rekreasi Dengan adanya peluang untuk melakukan usaha dalam kegiatanpariwisata di Indonesia, maka pihak Lippo Group mencobauntuk melakukan investasi dengan mendirikan PT Sea WorldIndonesia yang merupakan suatu sarana atraksi hiburan yangsehat. Sebagai suatu tempat hiburan PT Sea World Indonesiaselalu ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara danwisatawan lokal terutama pada saat akhir pekan dan harihari libur nasional lainnya. Masalah yang dihadapi olehindustri jasa hiburan termasuk PT Sea World Indonesiapada khususnya adalah menurunnya jumlah pengunjung padahari?hari kerja. Hal lainnya yang menjadi masalah dari PT Sea World Indonesia dalam memasarkan produk jasa hiburan adalah tingkat persaingan antar sesama industri hiburan yang ada di sekitar lingkungan Taman Impian Jaya Ancol. Dalam upaya mengatasi hal tersebut, maka manajemenPT Sea World indonesia meIakukan suatu perencanaanstrategis dengan memanfaatkan keunggulan yang dimilikinyauntuk menghadapi persaingan dalam Industri hiburan,terutama pesaing-pesaing yang ada di dalam kawasan wisataTaman Impian Jaya Ancol. Lingkup perencanaan strategis yang dibahas dalamkarya akhir ini akan dibatasi hanya pada: identifikasipeluang dan hambatan yang ada dan mungkin akan terjadi,kekuatan dan kelemahan, analisis atas misi, tujuan, danpemasaran strategis yang tepat bagi usaha ini, sertapengembangan baik pasar maupun produknya. Pada prinsipnya dalam memasarkan usaha ini PT SeaWorld Indonesia harus senantiasa menyesuaikan bauranpemasaran 4P (Product, Price, Promotion, dan Place) dengankeadaan pasar yang selalu berubah-ubah. Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, ditemukanbahwa dalam merencanakan pemasaran strategis PT Sea WorldIndonesia harus melakukan inovasi pada bidang produk,distribusi dan promosinya. Hal yang harus diperhatikandalam melakukan peningkatan kualitas dan produk jasahiburan dan jasa pendidikannya adalah harus selalumelakukan penyesuaian dengan mengikuti perkembangansituasi yang ada di sekitarnya. Pada bidang Product, hal yang harus diantisipasiadalah sedikitnya jumlah pengunjung pada hari-hari kerjabiasa. Untuk menjawab hal ini, maka pihak manajemen PTSeaWorid Indonesia dalam merencanakan strategipemasarannya harus melakukan pendekatan kepada duniapendidikan agar memanfaatkan wahana SeaWorid sebagaisarana yang membantu para sisa sekolah dalam melakukankegiatan belajarnya. Untuk keperluan itu, maka pihakmanajemen PT SeaWorid Indonesia melakukan penyesuaianmateri hiburannya dengan kurikulum pendidikan siswasekolah SD, SMP, dan SMA. Dengan melakukan strategìseperti diatas tersebut, maka jumlah pengunjung di harihari kerja diharapkan akan diisi oleh siswa-siswa sekolahyang diberi tugas oleh guru di sekolahnya untuk belajardan mengamati kehidupan hewan-hewan laut yang ada di dalamwahana SeaWorld. Inovasi produk juga sangat panting untuk dilakukanoleh pihak manajemen PT SeaWorid Indonesia dalammenghadapi persaingan yang berlangsung dalam lingkunganTaman lmpian Jaya Ancol, mengingat kompetitor utama (DuniaFantasi) selalu melakukan inovasi produknya dengan caramemperbaharui wahana-wahana hiburan yang ada. Inovasi yangsebaiknya dilakukan oleh pihak manajemen PT SeaWorldIndonesia adalah dengan melakukan perubahan-perubahansecara minor terhadap produk dan pelayanan, agarpengunjung yang datang berkunjung kembali dapat merasakansuatu suasana yang berbeda. Pada bidang Diatribusi, hal yang dapat dilakukan olehpihak manajenen PT SeaWorid Indonesia adalah denganmelakukan perluasan jangkauan pemasaran. Cara yang dapatdilakukan adalah dengan memanfaatkan keunggulan jaringanusaha milik Lippo Group, dimana jaringan usahaperbankannya (LippoBank) sudah sedemikian luas dan jumlahkantor?kantor cabangnya sudah banyak. Dengan melakukanpenjualan tanda bukti pemesanan tempat (TBPT) dengan hargadiscount di seluruh cabang kantor?kantor cabang LippoBank, maka diharapkan segmen dan konsumen potensial yangakan menjadi pengunjung SeaWorid akan bertambah luassehingga dapat dipastikan jumlah pengunjungnya akanbertambah banyak. Selain itu sistem distribusi juga dapatdiperluas dengan menjalin kerja sama dengan para pengusahabiro perjalanan agar mau memasukkan kunjungan ke SeaWoridsebagai bagian dari acara wisata yang ditawarkan kepadapara turis. Cara lainnya yang dapat dilakukan oleh PTSeaWorid Indonesia adalah bekerja sana dengan sekolahsekolah untuk menjual TBPT kepada siswa-siswa sekolahnyadengan harga khusus dengan menawarkan program-program yangmenunjang pendidikan siswa sekolah tersebut sepertimempersiapkan Lembaran Kegiatan Siswa (LKS). Pada bidang Promosi, hal yang perlu diperhatikanadalah usaha untuk memasukkan SeaWonid kedalam ?AwarenessSet? para calon konsumen yang potensial. Calon konsunenyang potensial bagi PT SeaWorld Indonesia adalah peraturan egarap turis lokal, dan masyarakat di sekitarkota Jakarta. Usaha untuk memasukkan SeaWorid ke dalamAwareness Set di benak para calon konsumen dapatdilakukan dengan cara memasang ?Billboard? di tempattempat strategis dan melakukan iklan di media-mediaelektronik dan cetak. PT SeaWorid Indonesia sejak awal usahanyaberorientasi kepada hiburan yang berkualitas dan bersifatmendidik hal ini juga memerlukan suatu usaha tersendiriuntuk menciptakan citra kualitas tinggi dan produk yangditawarkannya. Untuk menjawab hal tersebut, maka hal yangdapat dilakukan adalah memanfaatkan jaringan usahaLippoBank dan jaringan usaha LippoLife sebagai alat untukmenciptakan citra bahwa SeaWorid adalah suatu industrijasa (hiburan) yang mempunyai kualitas tinggi seperti jasaLippoBank dan LippoLife. Secara teknis hal yang dapatdilakukan adalah memasang spanduk atau membagikanselebaran di kantor-kantor cabang LippoBank dan LippoLife,sehingga masyarakat sadar bahwa SeaWorid merupakan bagiandari jaringan usaha miliki Lippo Group yang sudah terkenaldengan pelayanan yang berkualitas tinggi. |