ABSTRAK Dengan peraturan deregulasi yang bertujuan lebih menggalakkan perdagangan luar negeri di sektor non migas, PT. MoyaZamzami Utama (MZU) ikut berpartisipasi dalam kegiatanmengekspor sebesar 65 % hasil produksinya yakni air mineralke beberapa negara tujuan antara lain : Australia, Timurtengah, Malaysia, , Sirigapura dan lain sebagainya. Prospekekspor cukup bagus karena diimbangi dengan banyaknya permintaan luar negeri terhadap air mineral termasuk Singapura. Dalam memasuki pasaran internasional PT MZU mempunyaibeberapa kebijaksanaan pemasaran yang cukup dapat diandalkanbaik menyangkut mutu produk yang baik maupun penetapanharga, namun masih menghadapi kendala dengan adanya persaingan yang cukup tinggi dalam segmen pasar termasuk Singapura antara lain pada saluran distribusi yang digunakandalam memasarkan produk dan sarana maupun prasarana yangtersedia untuk menunjang aktivitas tersebut. Oleh karena itu kami sebagai penulis tertarik untukmenelaah dengan, menganalisis situasi eksternal, internal,strateji alternatif dan pemilihan cara terobosan melaluipenulisan Karya akhir. Dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang aktivitas pemasaran internasionaltersebut, PT. MZU dapat mengantisipasi permintaan pasarSingapura. Dalam melakukan penulisan karya akhir ini digunakankerangka yang menganalisis pasar eksternal, internal perusahaan, serta faktor?faktor yang digunakan untuk memilih caraterobosan yang efektif. Industri air mineral di Indonesia dalam kurun waktubeberapa tahun terakhir tumbuh dengan pesat dan meningkatkankapasitas produksi dengan ekspansi melalui pendirian pabrikpabrik baru. Realisasi eskpor PT. MZU sebagai salah satuprodusen air mineral di Indonesia berfluktuasi, tergantungpada kondisi perekonomian dunia dan banyaknya memenuhipermintaaan pasar di negara-negara Timur tengah melaluirumah degang (trading house) di Singapura. Kegiatan ekspor yang dilakukan oleh PT MZU adalah eksportidak langsung berdasarkan pesanan dalam jumlah tertentudengan negara tujuan ekspornya adalah Singapura. Pasarsasaran ini dipilih berlandaskan pada karakteristik pasarSingapura yang merupakan negara dengan luas relatif kecil,tingkat bunga simpanan relatif tinggi dan tingginya investasi asing serta memiliki pelabuhan persinggahan yang baikdengan dukungan perekonomian nasional yang terus meningkat.Perdagangan internasional di Singapura juga diperkuat olehbanyaknya rumah dagang yang berfungsi sebagai perantarapemasaran. Nilai ekspor Singapura sebagian besar merupakanhasil dari kegiatan mengekspor kembali (re-ekspor) danproduk?produk yang sebelumnva di impor dan negara lain.Dalam hal Perdagangan air mineral dunia, Singapura memilikinilai dan volume impor yang lebih besar dan nilai danvolume ekspornya, karena keadaan terbatasnya sumber daya.air yang dimiliki bila dibandingkan dengan negara?negaralain. Maka dengan metode Indeks Spesialisasi Perdagangan(ISP) yang memperoleh hasil daur hidup produk air mineraldi Singapura berada pada tahap pengenalan produk. Dalam melakukan analisis terhadap suatu cara terobosanyang efektif dilakukan analisis tentang potensi penjualanpasar sasaran, infrastruktur pemasaran, pertumbuhan ekonomi,resiko politik negara sasaran, dan analisis terhadap adaptasi produk serta komitmen manajemen perusahaan. Dari hasilanalisis dalam kasus produk air mineral PT. MZU di Singapura, ternyata strateji terobosan yang selama ini dilakukannyaadalah melalui ekspor tidak langsung. Untuk selanjutnya,kegiatan ekspor langsung seyogyanya dilakukan oleh PT. MZUkarena memiliki manfaat antara lain : ? Mampu mengontrol sebagian /seluruh perencanaan pemasaraninternasional. ? Konsentrasi baik terhadap upaya pemasaran. ? Memperoleh informasi yang cepat dan pasar Singapura sertaumpan balik (feed back) untuk mengevaluasi kegiatan yangtelah dilakukan. ; |