:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Strategi programming RRI Jayapura & Merauke dalam penguatan NKRI wilayah perbatasan / Christianya Juditha

Juditha, Christianya; (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 2016)

 Abstrak

Radio Republik Indonesia (RRI) merupakan media informasi strategis karena jangkauan siarannya sampai ke wilayah perbatasan dengan negara tetangga. Namun banyak persoalan yang timbul di wilayah perbatasan ini di antaranya soal kedaulatan, keamanan, serta kekhawatiran lunturnya rasa nasionalisme masyarakat yang berdampak pada keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). RRI diharapkan menjadi ujung tombak penyebaran informasi yang dapat mengatasi persoalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang strategi programming RRI Jayapura dan RRI Merauke dalam penguatan NKRI di wilayah perbatasan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap informan seperti kepala stasiun RRI, pemerhati perbatasan dan KPID. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa RRI Jayapura dan RRI Merauke dalam menjalankan strategi programing berupaya menyusun program siaran yang disesuaikan (compability) dengan kebutuhan masyarakat di wilayah perbatasan. Keduanya juga berupaya membangun kebiasaan (habit formation) pendengar bahwa ada program acara tentang nasionalisme yang bisa didengarkan pada waktu-waktu tertentu. RRI juga masih menjadi sumber informasi terpercaya masyarakat, sehingga untuk memaksilkan jumlah pendengar (control of audience flow) tidak sulit dilakukan. Ketersediaan materi dan sumber daya lainnya (conservation of program resources) juga tetap menjadi bagian yang diperhitungkan keduanya. Termasuk mengemas program acara yang menarik serta mengakomodir minat (bredth of appeal) pendengar.

 Metadata

No. Panggil : 384 JPKOP 20:1 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 19782462
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik
Volume : Vol. 20, No. 1, Juni 2016: Hal. 45-62
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacerrier)
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
384 JPKOP 20:1 (2016) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440604