:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Reformulasi keyakinan guru dalam implementasi kurikulum / Al Musanna

Musanna, Al; (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Penelitian dan Pengembangan, 2016)

 Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk menyajikan perspektif terkait urgensi keyakinan guru dalam implementasi kurikulum. Masalah yang menjadi fokus kajian ini mencakup hakikat keyakinan guru dan implementasi kurikulum, serta pendekatan reformulasi keyakinan guru. Kajian ini dilakukan melalui penelusuran pustaka atau literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum tidak hanya menuntut adanya guru yang kompeten. Kesuksesan dan kebermaknaan implementasi kurikulum meniscayakan adanya guru yang mempunyai dan memiliki keyakinan yang positif terhadap kurikulum. Keyakinan guru merupakan dimensi emik dari seorang guru yang membentuk perspektifnya terhadap praksis kurikulum. Selama beberapa dekade, reformulasi keyakinan guru masih berada pada posisi periferal dan subordinat dalam praksis pengembangan kurikulum karena dominasi atau pengarus-utamaan (mainstreaming) pengembangan kompetensi teknis guru dalam menjalankan prosedur pengajaran. Reformulasi keyakinan guru yang positif terhadap kurikulum merupakan prasyarat keberhasilan dan kebermaknaan implementasi kurikulum. Perubahan keyakinan guru memerlukan pendekatan personal dan emosional, tidak hanya bertumpu pada pendekatan rasional.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPK 1:2 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Penelitian dan Pengembangan, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 24608300
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan & Kebudayaan
Volume : Vol. 1, No. 2, Agustus 2016: Hal. : 219-234
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacerrier)
Akses Elektronik : https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/762
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPK 1:2 (2016) 03-19-568786978 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440611