:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Simulasi investasi pada put option atas lima saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta

Irmawati; Sembel, Roy Hendra Michael, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

Option merupakan salah satu instrumen derivatif yang sudah aktif diperdagangkan di beberapa bursa di dunia namun, sampai saat ini, belum ada bursa di Indonesia yang menjadi tempat perdagangan option. Pasar Modal Indonesia bisa jadi akan menjadi Iebih bergairah apabila ada bursa yang mernperdagangkan option dengan saham-saham yang diperdagangkan di bursa sebagai Underlying Asset. Oleh sebab itu, studi ini mencoba melakukan simulasi untuk melihat bagaimana prospek investasi pada option atas beberapa saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta. Studi ini spesifik hanya membahas prospek investasi pada put option karena prospek investasi pada cafl option telah dibahas oleh Tedy Fardiansyah pada karya akhirnya dalam program Magister Manajemen Universitas Indonesia.
Simulasi yang dilakukan adaLah membeli put option yang berumur satu buian dan melihat keuntungan yang diraih pada saat put option jatuh tempo. Harga put option pada saat pembelian ditentukan dengan menggunakan formula Black-Scholes Pricing Model dengan data-data harga saham yang sebenarnya dan Bursa Efek Jakarta. Pembelian put option dilakukan pada awa bulan kalender selama 30 (tiga puluh) bulan yaitu dari bulan Maret 1994 sampai dengan Agustus 1996. Portfolio investasi terdiri dari put option 1 -bulan atas saham Astra lnternational, atas saham Bakne Brothers, atas saham HM Sampoerna, atas saham lndah Kiat, dan atas saham Lippo Bank dengan empat nilai Strike Price yaitu + 5%. +2.5%. -5%. dan -2.5% dan harga saham ?yang dijadikan UiderIying Asset? pada saat pembelian put option.
Daiam penelitian ini, dilihat dan díhitung keuntungan kuantitatif investasi pada: (1) put option atas masing-masing saham, (2) portfolio yang terdiri dari put option atas lima saham. Keuntungan investasI tersebut dilihat juga relatif terhadap keuntungan investasi dengan nilai dan periode yang sama pada suku bunga bebas risiko. Dari hasil analisis akan diambil kesimpulan tentang prospek investasi put option atas saham-saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta.
Gambaran dari ulasan mengenai prospek investasi put option alias saham-saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta dilakukan dengan batasan-batasan:
1. Option adalah gaya Eropa di mana option tidak dapat di-exercise sebelum jatuh tempo.
2. Setelah díbeli, put option disimpan (tidak díperdagangkan) sampai jatuh tempo. Keuntungan díperhitungkan hanya pada saat jatuh tempo (put option di-exercise atau tidak).
3. Dalam menghitung keuntungan, biaya transaksi dan pajak diabaikan.
4. Diasumsikan bahwa harga put option yang diperoleh dañ formula Black-Scholes Option Pricing Model merupakan fair value dan option yang dapat dijadikan sebagai harga pasar.
Kajian yang Iebih kompleks, dengan menghilangkan batasan-batasan tesebtit di atas, dapat dilakukan sebagaí lanjutan dari tulisan ini.
Berdasarkan hasil analisis, investasi put option atas saham-saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta memberikan imbal hasil yang Iayak (fair return) bagi investor. Investasi pada portfolio yang terdiri dari put option 1 bulan atas saham Astra intemational, atas saham Bakrie Brothers, atas saham KM Sampoerna, atas saham Indah Kiat, dan atas saham Lppo Batik, selama 30 bulan, memberi tingkat pengembalian rata-rata (menggambarkan expected return).

 File Digital: 1

Shelf
 T3086-Irmawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 110 pages ; illustration : appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-96638968 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440641