Product design Garuda Indonesia : analisa strategik terhadap rute Tokyo-Jakarta
Gusti Ayu Indira;
Otje Soetoto, supervisor
([Publisher not identified]
, 1995)
|
ABSTRAK PT Garuda Indonesia diketahui sebagai salah satu BadanUsaha Milik Negara yang mengemban misi sebagai perusahaanpenerbangan nasional penbawa bendera negara (flag carrier).Konsekuensinya PT Garuda Indonesia dituntut untuk menjadiperusahaan yang menguntungkan dengan mengindahkan kaidahkaidah dunia usaha yang berlaku umum, mulai dari carapengelolaannya sampai kepada memenangkan persaingan dipasaran bebas. Persaingan antar perusahaan penerbangan domestikmaupun internasional kini semakin tajam dan ketat. Banyakhal yang menjadi penyebabnya, antara lain globalisasi danresesi ekonomi yang berkepanjangan. Ketatnya persainganditandai dengan masuknya maskapai penerbangan dalam suatusektor penerbangan yang dimungkinkan melalui agreementantar negara, modernisasi armada, pemberian pelayanan yangsangat beragam dan penyediaan fasilitas yang super canggih. Kondisi persaingan ini juga berdampak pada GarudaIndonesia. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, tahun 1993tercatat sebagai tahun yang kurang menguntungkan bagiGaruda. Pada tahun tersebut, pasar wisata Indonesia,khususnya Jepang, menurun dibandingkan tahun-tahunsebelumnya sekalipun dalam persentasi yang kecil. Masalahmasalah yang terkait dengan fenomena ini antara lain :penurunan jumlah penumpang, load factor dan revenue. Faktor-faktor yang disinyalir melatarbelakangi masalahtersebut diatas adalah resesi yang menghinggapi dunia -khususnya Jepang, krisis Teluk Parsi yang berawal sejaktahun 1991, globalisasi dalan segala aspek kehidupan danmasuknya JAL sebagai kompetitor kuat dalam rute penerbanganlangsung Tokyo-Jakarta. Dalam situasi seperti ini tentu saja Garuda perlumemiliki manajemen operasional yang efisien dan efektifagar dapat unggul dalam persaingan. Salah satu strategidalam kerangka manajemen operasional adalah perencanaan danpendisainan produk yang handal guna mengantisipasi gejolakdan perubahan dalam era globalisasi ini, denganmemperhatikan resources perusahaan dan kebutuhan/keinginanpasar maupun reaksi pesaing. Perencanaan dan pendisainanmencakup keseluruhan aspek/feature yang melengkapi produksecara keseluruhan baik fisik maupun service. Dengan strategi ini diharapkan Garuda dapat membawadiri menjadi maskapai penerbangan internasional yangberorientadi pada kepuasan penumpang. |
T3206-Gusti Ayu Indira.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | vi, 119 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440659 |