Strategi promosi minyak pelumas mobil 1 berdasarkan analisis brand image
Maharani Indah;
Adi Zakaria Afiff, supervisor
([Publisher not identified]
, 2002)
|
ABSTRAK Di antara sejumlah perusahaan yang memasarkan minyak pelumas impor dengankandungan sintetis, salah satunya adalah ExxonMobil Singapore yang merupakan bagian dariperusahaan global ExxonMobil Oil Inc. telah memasarkan minyak pelumas Mobil 1 diIndonesia dalam bentuk kemasan sejak tahun 1998. Selama ini pelumas Mobil 1 dimasukkandalam kategori pelumas premium karena harganya yang lebih mahal dibandingkan pelumaslokal seperti pelumas andalan Pertamina yaitu Mesran dan pelumas lain seperti Top 1 sertamemiliki pasar yang khusus (niche market). Di pasar khusus inipun Mobil 1 harus bersaingdengan pelumas impor Iainnya yang juga memiliki kandungan sintetik seperti Havoline yangdi produksi oleh Caltex, Helix Ultra yang di produksi oleh Shell, Visco dan British Petroleum(BP), Image dan Adnoc dan First keluaran FINA. Ke enam merek pelumas ini merupakankompetitor utama dari Mobil 1 terutama merek Havoline yang di produksi oleh Caltex. Selama ini perusahaan telah melakukan sosialisasi image Mobil 1 ke target konsumensebagai minyak pelumas sintetis dengan kualitas prima melalui program promosi sepertimelaui iklan di media cetak, melalui pemasangan banner di bengkel-bengkel dan dealer yangmempunyai hubungan kerjasama dengan Mobil 1 dan lain-lain, Melalui program promosi inidiharapkan Mobil 1 dapat memperbesar marker share-nya di pasar. Karena selama ini pasaruntuk pelumas sintetis impor terbatas dan juga harus harus bersaing dengan beberapakompetitor yang turut bermain di pasar yang sama. Untuk melihat apakah strategi promosi dari Mobil 1 ini telah sesuai dan efektif denganfitur produk maka dilakukan analisa terhadap brand image dari pelumas Mobil 1 ini. Analisabrand image untuk pemakai Mobil 1 perlu dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumententang Mobil 1 sehingga bisa di rancang strategi prornosi yang Iebih efektif dan tepat sasaran. Untuk memperkuat penelitian ini, maka telah dilakukan beberapa tahapanpengumpulan data baik dari studi pustaka, riset pemasaran berupa penyebaran kuesionerkepada konsumen pemakai pelumas Mobil 1 atau konsumen yang juga memakai pelumas yangberada di pasar yang sama dengan Mobil 1 serta melakukan observasi maupun wawancaradengan pihak perusahaan dalam hal ini adalah ExxonMobil Singapore. Dari hasil analisa riset pemasaran yang dilakukan dengan bantuan perangkat lunakSPSS versi 9.0 diperoleh beberapa temuan penting. Bahwa image yang diinginkan olehperusahaan telah tercapai yaitu minyak pelumas sintetis berkualitas tinggi dengan harga yangagak mahal untuk golongan ekonomi kelas menengah ke atas. Strategi promosi yang tepatuntuk segmentasi ini adalah melalui media yang sesuai dan melakukan program hubunganyang lebih erat dengan pelanggan. Rekomendasi riset pemasaran dalam karya akhir ini ditujukan untuk pihak-pihak yangberkepentingan baik produsen maupun distributor pelumas Mobil 1 agar didapatkan gambaran¡mage konsumen serta menjadi masukan untuk implementasi strategi promosi di masa yangakan datang. Riset ini memiliki kelemahan terbatasnya jumlah responden serta metode samplingyang bersifat non probabilitas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu dilakukan risetsejenis dengan metode pemilihan sampling secara random atau yang bersifat probabilitas dandengan jumlah responden yang lebih besar lagi. |
T3214-Maharani Indah.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T3214 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 147 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T3214 | 15-17-031209522 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440662 |