ABSTRAK Salah satu penyebab kematian ibu karena kehamilan dan persalinan erat kaitanyadengan tenaga penolong persalinan. Cakupan persalinan oleh tenaga Kesehatan di KotaBekasi tahun 2009 78,6% dan bukan tenaga kesehatan 3,7% Pada Puskesmas Telukpucung dengan cakupan 80,3 % jauh dibawah target yang harus dicapai yaitu 95 %.Sedangkan persalinan oleh dukun diperoleh 3,8 %.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptifdengan desain cross sectional. Dari penelitian yang dilakukan untuk mencari hubunganfactor karakteristik ibu yaitu umur, pendidikan, pekerjaan, dan paritas, factor pendapatankeluarga, dukungan yang diberikan suami, serta factor bauran pemasaran yaitu produk,place, price, dan promosi dengan pemilihan tenaga penolong persalinan. Respondensebanyak 125 ibu bayi sebagai sampel dengan menggunakan cluster pada 63 posyandudan setiap posyandu 2 responden. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2011 denganmetode kuantitatif menggunakan kuesioner.Hasil penilitian didapatkan hasil hubungan yang bermakna antara pendapatankeluarga, dukungan suami dan bauran pemasaran produk, price, place, dan promotiondengan pemilihan tenaga penolong persalinan oleh tenaga kesehatan. ABSTRACT One cause of maternal deaths due to pregnancy and child birth is closely relatedto labor birth attendant. Scope of delivery by health personnel in the City of Bekasi in2009 78.6% and not a health personnel 3.7%. At the Teluk Pucung health center with80.3% coverage far below the targets to be achieved that is 95%. While delivery byshamans gained 3.8%.This research was conducted using descriptive research method with crosssectional design. Research conducted to find the relationship between maternalcharacteristics such as age, education, employment, parities factor family income, thesupport given her husband, and marketing mix factors that is product, place, price, andpromotion by the selection of birth attendant. Respondents were mothers of 125 infantsin the sample by using the cluster in 63 neighborhood health center and everyneighborhood health center 2 respondents. The experiment was conducted in April 2011with quantitative methods using questionnaires.Research results found that the result was a significant correlation betweenfamily income, husband's support and marketing mix product, price, place, andpromotion by election workers by skilled birth attendant health. |