:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran Manajemen Pelayanan Pasien Surat Keterangan Tidak Mampu di Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih Jakarta Tahun 2011 / Karina Pradita Siwi

Karina Pradita Siwi; Wachyu Sulistiadi, supervisor; Pujianto, examiner; Iva Diansari, examiner ([Publisher not identified] , 2011)

 Abstrak

ABSTRAK
Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) adalah suatu Jaminan Pemeliharaan Kesehatan yang diberikan kepada keluarga miskin dan kurang mampu melalui pendekatan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JKPM). Pada kesempatan ini penulis melakukan penelitian mengenai gambaran pelayanan pasien SKTM di RSUD Budhi Asih. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada periode Bulan Februari sampai dengan Bulan April 2011. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui pengamatan langsung pada proses pelayanan pasien SKTM, telaah dokumen dan wawancara dengan petugas terkait.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa RSUD Budhi Asih memiliki Unit khusus yaitu Unit Pihak Ketiga yang bertugas mengurus administrasi pasien SKTM. Mekanisme pelayanan pasien maupun persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan rumah sakit yang mengacu pada Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Keluarga Miskin dan Bencana di Provinsi DKI Jakarta yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Mengenai pendanaan, pihak RSUD Budhi Asih tidak menyiapkan dana khusus karena semua pembiayaan dijamin oleh Pemerintah DKI Jakarta dengan menggunakan sistem cost sharing.

ABSTRACT
Certificate of Disadvantaged is a health care insurance provided to the poor and underprivileged families through public health care insurance (JKPM–Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat). On this thesis, the author conducted research about the description of patient care services with certificate of disadvantages at Budhi Asih general hospital. The research was conducted in the period February to April 2011. This research used descriptive method with qualitative approach through direct observation of patient care processes with certificate of disadvantaged, document review, and interviews with relevant officers.
Based on the results, obtained that Budhi Asih general hospital has a special unit which is the unit from third parties in charge of taking cares the administration of patients with certificate of disadvantaged. Mechanism of patient care and the necessary requirements in accordance with procedures established by the hospital that refers to the implementation guidelines and technical instructions poor family health care insurance and planning in the province of DKI Jakarta, established by DKI Jakarta provincial health office. Regarding about the funding, Budhi Asih general hospital are not set up a special fund because all the financing is guaranteed by the government of DKI Jakarta by using cost-sharing system.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf-Karina Pradita Siwi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2011
Program Studi :
Bahasa :
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 106 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440781