Strategi pemasaran asuransi kerugian untuk mendukng perdagangan internasional
Afien Juni;
Ahmad Fuad Afdhal, supervisor
([Publisher not identified]
, 1994)
|
ABSTRAK Perdagangan internasional di masa akan datang diperkirakan akansemakin meningkat sejalan dengan tercapainya Persetujuan GATT dalamPutaran Uruguay yang telah berakhir 15 Desember 1994. Salah satu sektoryang turut memperoleh manfaat dan meningkatnya volume perdaganganadalah sektor asuransi khususnya asuransi kerugian. Suatu fenomena yang menarik pada industri asuransi kerugian diIndonesia adalah bahwa peranan perusahaan asuransi nasional jelas tidakmendapat keuntungan yang berarti. Situasi seperti inilah yangmelatarbelakangi diadakannya analisis pemecahan sebagai mana tertuangdalam karya akhir ini. Yang menjadi unit analisis adalah PT. CitraInternational Underwriters yang merupakan perusahaan asuransi kerugianyang tergabung dalam Bimantara Group. Analisis dilakukan dalam dualingkup sasaran yaitu: Analisis Lingkungan Eskternal dan Analisis PotensiInternal Perusahaan. Analisis Lingkungan Eskternal diadakan untukmencoba menangkap gejolak yang ada pada lingkungan usaha dan menafsirkankecenderungan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Sementara ituAnalisis Potensi Internal Perusahaan menjadi basis untuk mengetahui kekuatandan kelemahan yang dapat menciptakan atau meniadakan KeunggulanBersaing yang Berkelanjutan. Kerangka analisis yang digunakan dalam tulisan ini antara lain ModelKelanggengan Keunggulan Bersaing Industri Jasa yang dikemukakan olehBharadwaj et al (1993), dan Interaksi Strategis Dalam LingkunganTurbulen oleh Ansoff and McDonnell (1990). Berdasarkan hasil analisis terhadap kondisi yang dijumpai pada PT. CitraInternational Underwriters, diperoleh dua macam strategi yaitu StrategiUmum dan Strategi Khusus. Strategi Umum yang disarankan adalahmenciptakan keunggulan bersaing dengan cara: menggali KetrampilanTersendiri, dan membangun Penguasaan Assets Khusus. Strategi yang lebihspesifik lagi dituangkan dalam Strategi Khusus, yang terdiri dari dua strategi: 1. Pcncapaian Skala Ruang-Lingkup. 2. Sistem Membonceng (Piggyback). |
T3395-Afien Juni.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1994 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | 64 pages ; illustration; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440822 |