Evaluasi program kartu kredit pada Agha Bank Card Center
Agus Kretarto;
Ronny K. Hermajanto Moentoro, supervisor; Hamdi Hassyarbaini
([Publisher not identified]
, 1991)
|
ABSTRAK AGHA BANK sebagai sebuah bank devisa yang cukup besardi Indonesia telah menjalankan program kartu kredit sejaktahun 1983. Hingga akhir tahun 1990 Agha Bank Card Centermerupakan penerbit yang memiliki jumlah pemegang kartuperingkat kedua terbesar di Indonesia. Dalam menjalankanprogramnya pada periode 5 (lima) tahun kedua, Agha Bank CardCenter telah mengimplementasikan strategi diversifikasikonsentrik. Apabila evaluasj efektifitas program didasarkanpada tujuan pada awal dibentuknya Agha Bank Card Center,yaitu sebagai tool of marketing dan produk-produk utamaAGHA BANK, agaknya program yang diselenggarakan sudah cukupefektif, terbukti dengan cukup dikenalnya nama AGHA BANK didunìa perbankan baik nasional maupun internasional. Namun demikian jika efektifitas dilihat dari tujuanprogram Agha Bank Card Center yang dicetuskan pada tahun1987, yakni untuk menjadi penerbit dengan jumlah pemegangkartu terbanyak, ternyata tujuan tersebut belum tercapai.Demikian pula bila evaluasi kita kaitkan dengan tujuanperusahaan pada umumnya, yakni memperoleh keuntungan, ternyata program kartu kredit Agha Bank Card Center belumefektif mengingat kondisinya yang masih merugi. Hal inidisebabkan antara lain karena Agha Bank Card Center belumditetapkan sebagai pusat laba (profit center). Berdasarkan analisa SWOT (PTKL) yang kami lakukan,ternyata Agha Bank Card Center masih mempunyai kesempatanuntuk mecanpai tujuan yang telah ditetapkan, mengingatsemakin terbukanya peluang-peluang sehubungan dengan terdapatnya kondisi dan kcenderungan lingkungan eksternal yangmenguntungkan. Namun demikian di sisi lain ternyata lingkungan eksternal juga memberikan tantangan-tantangan yangmerupakan permasalahan yang sulit dielakkan, yakni terutamasehubungan dengan semakin tajamnya persaingan untuk merebutpeluang terlebih setelab deregulasi bidang keuangan danperbankan tahun 1988, masìh tingginya risiko laten berupafraud oleh pihak luar dan lain-lain. Selanjutnya dari analisa industri dan persaingan, ternyatasemakin tajamnya intensitas persaingan dalam bisnis kartukredit disebabkan karena : - semakin agresifnya para pesaing yang telah ada. - masuknya pendatang baru. - meningkatnya bargaining power pemilik dana. - masih kuatnya bargaining power para pedagang danpemegang kartu. - masih besarnya peranan uang kertas/logam dan check yangmerupakan substitusi kartu kredit. Dengan pengalamannya selama 8 (delapan) tahun, manajemen Agha Bank Card Center telah dapat membangun kekuatan-kekuatan dalam berbagai aspek program kartu kredit.Namun berdasarkan penelitian yang kami lakukan, ternyataAgha Bank Card Center masih menghadapi beberapa permasalahaninternal, yakni sehubungan dengan masih terdapatnya kelemahan?kelemahan di bidang organisasi, pemasaran, sistem/teknologi, prosedur dan keuangan. Dalam rangka menjembatani strategi jangka panjanguntuk penyelenggaraan program kartu kredit selanjutnya,sudah selayaknya manajemen tetap memanfaatkan peluangpeluang eksternal dan kekuatan internal yang ada, sambilberusaha mengatasi tantangan?tantangan yang dihadapi danmemperbaiki kelemahan?kelemahan internal. Dengan demikiandiharapkan AGHA BANK tetap dapat mempertahankan ataupunmeningkatkan posisinya dalam persaingan bisnis kartu kreditdi Indonesia. Dalam karya akhir ini kami juga mengemukakan rekomendasi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada danuntuk memperkuat sistem pengendalian intern dalam penyelenggaraan program kartu kredit selanjutnya. |
T3454-Agus Kretarto.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1991 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 182 pages : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-129417352 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440855 |