Strateji pemasaran Internasional Nike inc. : upaya mempertahankan keunggulan global
Indra Kurnia;
Teddy Pawitra, supervisor; Nitik Hening Muji Raharjo
([Publisher not identified]
, 1993)
|
ABSTRAK Nike Inc. adalah perusahaan multinasional terkemuka yangberkantor pusat di Amerika Serikat. Nike Inc. bergerak dalambidang usaha perlengkapan olah raga yang meliputi sepatu olahraga, aparel dan aksesoris untuk keperluan olah raga dengan merekNike dan Side 1 serta produk sepatu jenis casual dan formaldengari merek Cole?Haan. Pokok masalah yang dihadapi adalah sehubungan dengan tujuanperusahaan yaitu target penjualan sebesar dua kali lipat padatahun 1996 relatif terhadap penjualan tahun 1991. Penjualanperusahaan pada tahun 1991 adalab sebesar USS 3,003,600,000 dantarget penjualan pada tahun 1996 adalah 6 milyar dollar. Dengandicapainya target penjualan tersebut diharapkan Nike Inc. dapatmempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam produksepatu olah raganya yang bermerek Nike. Pada tahun 1992 produksepatu olah raga dengan merek Nike menguasai 20,72% pangsa pasardunia untuk kategori produk sepatu olah raga dan penjualan produkjenis ini merupakan 76,80 % dari total penjualan Nike Inc. Strateji perusahaan yang cukup tepat dapat digunakan bagipemecahan permasalahanan tersebut di atas adalah stratejipengembangan produk. Proses pemulihan strateji yang digunakan tersebut tidakterlepas dan strateji perusahaan yang telah dilakukan Nike Inc.sebelumnya. Nike berawal dari perusahaan yang hanya memproduksisatu jenis produk yaitu sepatu olah raga untuk cabang lari dandiperuntukkan bagi satu jenis pasar yaitu para olahragawancabang olahraga lari. Selanjutnya meluaskan bidang usahanyadengan strateji concentric diversification dengan memproduksisepatu bagi cabang olah raga jenis lain. Kemudian melakukanstrateji pengembangan pasar dengan memasuki wilayah pemasaranyang baru dan melayani segmen pasar yang lebih luas. Stratejiinovasi produknya telah berhasil mengangkat merek Nike sebagaiproduk olah raga berteknologi tinggi. Untuk mengurangiketergantungannya kepada distributornya, Nike menggunakanstrateji integrasi ke hilir dengan memiliki sendiri jaringandistribusinya. Selanjutnya meluaskan bidang usahanya ke dalambidang sepatu casual dan formal dengan mengambil alih perusahaanCole-Haan. Dan keberhasilannya menggunakan strateji-stratejitersebut, saat ini Nike Inc. telah berkembang menjadi perusahaanmultinasionai dengan reputasi atau nama merek yang sangat baikdan wilayah pemasaran yang sangat luas. Kekuatannya yang lain,diferensiasi produk dan pemasaran yang dilakukan telah berhasilmenempatkan Nike sebagai perusahaan yang dikenal sebagaiperusahaan terkemuka dalam bidarig ?sportswear & fitness?.Didukung oleh organisasi perusahaan dalam jaringan internasionaldan kepemilikan atas distributor pada pasar utamanya.Diversifikasi usaha yang dilakukan saling mendukung produknyasatu sama lain. Kelemahannya yang menonjol adalah penjualan Nike Inc.terutama dihasilkan dari beberapa jenis produknya saja. Ditinjau dari sisi peluang pasar yang ada, pasar utamanyayaitu Amerika Serikat dan Canada, serta Eropa mempunyai potensibesar di tahun-tahun mendatang. Ancaman bagi keberhasilan Nike Inc. adalah persaingan yangsemakin ketat diantara perusahaan sejenis ditunjang oleh sifatproduknya yang mempunyai daur hidup pendek. Strateji pengembangan produk dapat dilakukan denganmemanfaatkan reputasi atas nama merek yang telah dikembangkan dimasa sebelumnya dan kekuatannya yang lain yang telah dimilikinya.Dan diharapkan dapat menanggulangi kelemahannya saat ini yaitubertumpu pada beberapa jenis produk saja. Dengan stratejipengembangan produk ini, peluang yang ada di pasarnya saat inidapat lebih dimanfaatkan. Selanjutnya dengan produknya yangselalu diperbaharui dan ditingkatkan dapat menanggulangi ancamanyang berasal dari persaingan dan pendeknya daur hidup produk. Sebagai tindak lanjut dari penggunaan strateji pengembanganproduknya, Nike Inc. dapat melanjutkan stratejinya denganmelayani segmen pasar bagi golongan konsumen berpendapatanmenengah sampai atas pada pasar global dengan memanfaatkandiferensiasi produk dan pemasaran serta keunggulan biayanya. Padaakhirnya pelaksanaan program bauran pemasaran internasionalnyaharus berdasarkan pada segmen pasar yang dilayani. Prospek bagi keberhasilan Nike Inc. dimasa mendatang sangatbalk. Hal ini ditinjau berdasarkan pada prospek pertumbuhanekonomi pada pasar utamanya yang tergabung pada blok-blokekonomi Nafta dan Pasar Tunggal Eropa. Hal lain yang mendukungadalah perubahan pada lingkungan sosial dan budaya, dimanamasyarakat menganggap olah raga menjadi bagian penting dalamkehidupannya serta meningkatnya komersialisasi arena kejuaranolahraga menjadi lahan usaha yang menguntungkan. |
T3465-Indra Kurnia.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1993 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 112 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440952 |