ABSTRAK Strategi secara umum dapat diartikan sebagai cara untukmencapai tujuan. Pengertian yang lebih mendalam mengenaistrategi adalah suatu rencana yang berorientasi ke depan,mengintegrasikan sasaran utama organisasi, kebijakan, danurutan tindakan kedalam suatu kesatuan, yang disiapkan untukmenghadapi lingkungan yang kompetitif dalam rangka mencapaitujuan perusahaan. Analisis dan pemilihan strategi bersaing dibagi menjadidua bagian yaitu analisis strategi perusahaan dan analisisstrategi bisnis. Analisis strategi perusahaan adalah mempertimbangkan alternatif-alternatif strategi dan pemilihanstrategi tingkat perusahaan untuk menentukan pilihan jenisusaha. Sedangkan analisis bisnis adalah mempertimbangkanalternatif strategi, faktor kunci keberhasilan, dan pemilihanstrategi bisnis untuk menentukan pilihan arah dan jenisunggulan usaha. Metode penelitian mencakup penelitian dasar dan penelitian terapan. Penelitan dasar digunakan untuk mengembangkanpengetahuan mengenai strategi bersaing. Penelitian terapanmenghubungkan dasar teori strategi bersaing dengan praktikyang ada di lapangan. Sebagai bahan evaluasi strategi bersaing, Penulis mengambil studi kasus PT. Argha Karya Prima Industry. PT. ArghaKarya Prima Industry memproduksi Film Biaxially OrientedPolypropylene dengan merek dagang Arlene. Proses pembahasanstrategi bersaing dimulai dengan merumuskan misi dan tujuanperusahaan, memahami lingkungan eksternal perusahaan menentukan profil perusahaan, merumuskan sasaran jangka panjangdan strategi akbar kemudian merumuskan sasaran angka pendekdan operasional. Pembahasan misi dan falsafah dimaksudkan untuk memastikan bahwa perusahaan telah memantapkan kesatuan tujuan, dasarmotivasi pemanfaatan sumber daya dasar standar alokasisumber daya, nenciptakan iklim kerja nenjadi inti arahtujuan, memudahkan penjabaran sasaran dan tujuan serta pengendalian biaya, waktu dan hasil kerja. Pembahasan lingkungan eksternal mencakup tiga faktorlingkungan yang saling terkait yaitu lingkungan remote,lingkungan industri dan lingkungan operasional. Lingkunganremote terdiri dari faktor ekonomi, teknologi, politiksosial dan ekologi. Lingkungan industri terdiri dari ancamanpendatang baru, kekuatan tawar pemasok dan pembeli, substitusi dan intensitas persaingan industri sejenis. Pembahasan profil perusahaan mencakup aktivitas utamayaitu produksi dan pemasaran, serta aktivitas pendukung yangterdiri dari manajemen umum, keuangan, sumber daya manusia,penelitian dan pengembangan. Pembahasan sasaran jangka panjang dikaitkan denganprofitabilitas, produktivitas, posisi bersaing pengembangankaryawan, hubungan kerja karyawan, kepemimpinan teknologi,tanggung jawab publik. pembahasan dan evaluasi strategi akbar menyangkut himpunan keputusan berupa rencana umum yang ringkas tentang kegiatan utama dalam lingkungan yang dinamis untuk mencapai sasaran jangka panjang yang telah ditetapkan. Pembahasan dan evaluasi strategi generik meliputi keunggulan biaya menyeluruh, diferensiasi produk maupun pelayanandan fokus. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa misiperusahaan telah ditetapkan secara baik, industri BOPP Filmpada tahun 1992 mencerminkan daya tarik industri yang tinggi( 5.21 ), dan diperkirakan lima tahun mendatang daya tarikindustri akan bergeser menjadi kondisi sedang ( 4.36 ). Lingkungan internal Perseroan pada tahun 1992 mencerminkan,kekuatan Perseroan terhadap pesaing relatif kuat (5.15). Perseroan masih dapat meningkatkan keunggulan daya saingapabila melakukan peningkatan kekuatan yang telah dicapai danmenghilangkan kelemahan yang telah teridentifikasi. Hasil analisis SWOT menunjukkan posisi Perseroan dalamkurun waktu lima tahun mendatang terletak dalam kuadranselectivity growth. Penulis merekomendasikan beberapa strategi akbar dan strategi bisnis yang sesuai dengan faktor kuncikeberhasilan dan karateristik industrinya. Karya akhir ini ditutup dengan beberapa saran perbaikan dan beberapa Action Plans yang perlu dilaksanakanuntuk mencapai keunggulan bersaing berkesinambungan (sustainable competitive advantagr) bagi PT. Argha Karya Prima Industry. Saran perbaikan mencakup peningkatan efisiensi dalammendukung strategi keunggulan biaya secara menyeluruh danmeningkatkan kapasitas internal khusus seperti kemampuantenaga penjual, konsistensi kualitas, penyerahan tepat waktuuntuk mendukung strategi diferensiasi pelayanan. |