Strategi pemasaran jasa pelayanan bedah jantung unit bedah jantung rumah sakit "X"
Vicky Widyani Kartiwa;
Ronny K. Hermajanto Moentoro, examiner; Ahmad Fuad Afdhal, supervisor
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000)
|
Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (PJPD), saat ini telah menjadi penyebabkematian nomor satu di Indonesia. Dan data-data Survei Kesehatan Rumah Tangga(SKRT) Departemen Kesehatan RI dari tahun ke tahun memperIihatkan adanyakecenderungan peningkatan angka kematian akibat penyakit tersebut. Seringkali penyakitini mengakibatkan kematian mendadak, ketika karier korban mulai menanjak ataumencapai puncaknya. Hal tersebut tentu saja mencemaskan bagi para pengambilkeputusan di negara kita. Dari pasien poliklinik jantung di Rumah Sakit X yang terdiagnosa PenyakitJantung Koroner yang mempunyai prevelensi tertinggi maupun jenis penyakit jantunglainnya, sebelumnya selalu dirujuk ke rumah sakit lain yang memiliki layanan bedahjantung. Berangkat dari adanya kebutuhan dan pasien penderita penyakit jantung yangmenginginkan kualitas hidup yang lebih baik, maka sejak bulan Juli 1999 Rumah Sakit Xyang merupakan rumah sakit swasta dengan kelas madya, mengembangkan layananbarunya yaitu Unit Bedah Jantung (Cardiac Surgery Unit). Rumah Sakit X jugamenetapkan target jangka pendek yang akan dicapai yaitu 1 minggu 1 kasus. Karya akhir ini mengambil topik tentang perumusan strategi pemasaran UnitBedah Jantung Rumah Sakit X yang merupakan institusi kesehatan yang bersifat sosioekonomik, Langkah-langkah dalam menentukan usulan strategi tersebut berupa analisalingkungan eksternal dan internal, penentuan sasaran strategi, penentuan target pasar, danperumusan strategi bauran pemasaran. Berdasarkan analisa SWOT, sasaran strategi yang disarankan untuk Rumah SakitX adalah meningkatkan pangsa pasar. Untuk mencapai sasaran tersebut maka alternatifstrategi yang dapat dipilih adalah strategi O-S dan strategi O-W yaitu sebagai berikut: . Menambah intangible services . Menghilangkan ketergantungan pada 1 pemasok . Menambah jumlah personil pemasaran dengan kualifikasi yang lebih baik . Melakukan publikasi dan iklan Pada saat ini, Rumah Sakit X belum menetapkan target pasar yang spesifik untuklayanan barunya yaitu Unit Bedah Jantung, melainkan masih dalam tahap pengenalansehingga tujuannya masih murni sosial. Strategi kemudian dijabarkan ke dalam strategi bauran pemasaran, yang meliputistrategi produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosì. |
T3623-Vicky Widyani Kartiwa.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T3623 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xx, 90 pages ; illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T3623 | 15-23-54614309 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20441033 |