Sektor perdagangan merupakan salah satu sektor yang berperan pentingdalam perekonomian nasional. Peranannya dalam perekonomian semakin pentingterutama perdagangan luar negeri. Peranan ekspor dan impor terus meningkatsejak Pelita I sampai dengan Pelita VI dimana selama periode tersebut nilaiekspor meningkat 44,6 kali lipat sedangkan impor meningkat hampir 55 kalilipat. Berkembangnya perdagangan luar negeri dipengaruhi oleh fakor internaldan eksternal. Salah satu faktor internal yang mendukung berkembangnyaperdagangan luar negeri adalah pelaku ekspor atau impor itu sendiri disampingadanya faktor penunjang. Trading House sebagai salah satu pelaku dalamperdagangan luar negeri, keberadaan dan peranannya belum banyak dibahassecara komprehensif. Padahal di negara seperti Jepang dan Korea Selatan perananTrading House sudah terbukti keberhasilannya dalam menunjang perdaganganLuar negeri kedua negara tersebut. Oleh karena itu tulisan ini mengkaji peranan Trading House, sebagai kasusdipilih PT. Dharma Niaga dalam menunjang perdagangan Luar negeri Indonesia.Pengukuran peranan dilakukan dengan melihat kontribusi ekspor dan impor PT.Dharma Niaga, komoditi unggulan yang diperdagangkan serta jenis pelayananjasa yang diberikan oleh perusahaan bagi kelancaran ekspor dan impor. PT. Dharma Niaga sebagai salah satu Tradìng House, peranannya masihrelatif kecil dalam menunjang perdagangan Luar negeri Indonesia. Hal ini terlihatdari kontribusi ekspor dan impor perusahaan terhadap total ekspor dan imporIndonesia yang rata-rata di bawah 1% selama periode 1992-1996. Selain itu, komoditi unggulan perusahaan yang diperdagangkan juga tidaksejalan dengan komoditi unggulan yang ditetapkan oleh pemerintah cq.Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Demikian pula jenis jasa yangdiberikan kepada kliennya oleh perusahaan masih terbatas pada jasa paperwork,jasa pergudangan dan jasa distribusi. Peranan trading house sangat diperlukan dalam mengatasi gejolak rupiahagar kinerja ekspor dapat dipertahankan terutama bantuan keuangan baik dalambentuk kredit pinjaman maupun bantuan keuangan lainnya. Selain itu tradinghouse juga harus mampu secara aktif memanfaatkan fasilitas seperti swap danforward yang disediakan untuk membantu eksportir dan importir mengatasigejolak tersebut. Untuk meningkatkan peranan trading house dalam menunjang perdaganganluar negeri Indonesia maka diperlukan adanya dukungan pemerintah terhadappendirian, pendanaan dan dukungan operasional di lapangan oleh pemerintah.pemerintah juga perlu mendukung upaya perluasan pasar ke ncgara-negara yangpotensial untuk dimasuki terutama kawasan Eropa Timur. Selain dukungan pemerintah, perusahaan trading house sendiri juga harusmembangun jaringan yang kuat dan membangun sistem manajemen pemasaranyang handal terutama dalam mengumpulkan informasi mengenai peluang pasar,calon pembeli dan calon penjual tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di pasarinternasional. Perusahaan Trading House juga hams menjalin kerjasama yangkuat dengan perusahaan Indonesia yang sudah beroperasi secara global agardapat meningkatkan supply dan demand sehingga volume transaksi perusahaanmencapai skala ekonomi yang paling optimal. |