Strategi pengembangan promotional mix PT. Garuda Indonesia sebagai upaya memenangkan persaingan di rute Jakarta-Padang
M. Riza Perdana Kusuma;
Adi Zakaria Afiff, supervisor
([Publisher not identified]
, 2002)
|
ABSTRAK Persaingan industri penerbangan di Indonesia semakin tajam seiring dengan dibukanya kranijin operasi perusahaan penerbangan baru. Perkembangan persaingan yang terjadi cenderungmenuju kearah persaingan yang tidak sehat dengan memusatkan pada kekuatan perang hargasebagal alat untuk meraih pasar. Performa Garuda Indonesia untuk rute Jakarta-Padang beberapa waktu terakhir cenderungmengalami penurunan, padahal pada periode sebelumnya Garuda Indonesia menjadi marketleader untuk sektor ini. Sementara di sisi lain Mandala sebagai pesaing utama semakinmenunjukkan dominasinya, yang kemudian diramaikan pula dengan masuknya Batavia sejak 6April 2002. Kedua pesaing Garuda Indonesia ini mengandalkan strategi harga sebagai alatpendorong penjualannya melalui penetapan harga rendah untuk semua kapasitas kursi yangtersedia. Dan pada akhirnya dampak buruk yang terjadi di pasar adalah bahwa ?harga? menjadipatokan utama untuk melakukan perbandingan produk jasa penerbangan dan ?harga murah?merupakan satu-satunya kelebihan yang selalu dikomunikasikan oleh perusahaan penerbanganyang melayani rute tersebut. Sementara pasar tidak memiliki alternatif lain sebagai alatpembanding dalam proses pemulihan produk jasa penerbangan. Sebagai perusahaan penerbangan yang berpengalaman, memiliki kekuatan merek, inovasi,sarana serta prasarana dan permodalan dibanding kedua pesaing yang lain, serta komitmenuntuk menempatkan produk pada level premium, maka Garuda Indonesia harus mampumenetapkan strategi yang lebih sesuai untuk pasar ini guna memenangkan persaingan dankembali menjadi market leader. Penetapan target pasar penumpang bisnis dengan segmenmenengah ke atas sudah tepat dan konsisten dijalankan oleh Garuda Indonesia selama ini, haltersebut ditunjukkan dengan program pemasaran korporat yang terus disesuaikan dengankebutuhan dan keinginan target pasar tersebut, antara lain melalui program advertisingtelevisi, radio dan media cetak. Namun dalam proses pemasarannya maka Garuda Indonesiaharus menetapkan strategi promosinya secara lebih terintegrasi dengan mengandalkan seluruhitem promosi untuk dapat mengkomunikasikan keunggulan produk kepada pasar, melaluipengembangan program promosi secara berbeda kepada sasaran yang berbeda seperti unitpengambil keputusan, pengguna loyal Garuda Indonesia, non pengguna loyal GarudaIndonesia maupun influencer. Di sisi lain Garuda Indonesia harus mampu melihat secara jelas apakah target market yangditetapkan secara korporat telah sesual untuk karakter rute ini, karena dengan memahamikondisi sebenarnya terutama mengenai segmen mana yang menjadi pasar utama atau pasarpotensial, maka akan dapat dikurangi timbulnya ?gap komunikasi? antara pesan yangdisampaikan dengan penerimaan pasar, juga akan sangat membantu dalam penetapan programpromosi selanjutnya sehingga menjadi lebih terarah. Secara garis besar pasar dapat dipengaruhi, terlebih lagi jasa penerbangan adalah produkdengan teknologi tinggi, dan sangat terkait dengan persepsi. Oleh karena itu keberhasilanmembangun komunikasi yang baik melalui program promosi yang tetintegrasi diharapkanupaya memenangkan persaingan di rute Jakarta - Padang ini dapat tercapai |
T3670-M Riza Perdana Kusuma.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T3670 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 131 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T3670 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20441058 |