:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Will the internet end the nation state / Ervan Arumansyah

Ervan Arumansyah; (Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2016)

 Abstrak

Apakah internet akan menghilangkan negara? adalah pertanyaan yang akan coba dijawab dalam essay ini. Kemampuan internet yang dapat melintasi batas negara menjadi ruang diskusi antara golongan cyber-libertarian dan realist. Kedua golongan tersebut memperdebatkan hubungan antara eksistensi negara dan kebebasan individu dalam melakukan komunikasi melalui internet. Dalam perdebatan tersebut, tergambar bahwa eksistensi negara mengalami ancaman oleh kemampuan internet yang melintasi batas teritori suatu negara.
Dalam essay ini eksistensi negara merujuk kepada pendapat Hinsley dan Bartelson, yang menyatakan eksistensi sebuahn negara diukur dari kedaulatan negara tersebut. Lebih jauh, berdasarkan pendapat Heywood kedaulatan negara dapat dibedakan kedalam dua, yaitu: kedaulatan eksternal dan internal. Dalam kesimpulan disebutkan bahwa, kedaulatan negara memang akan mendapat ancaman dari kemampuan internet tersebut. Namun ancaman tersebut akan berbeda bagi kedaulatan internal dan eksternal. Di masa yang akajn datang, kemampuan internet mungkin saja dapat menghilangkan eksistensi kedaulatan eksternal suatu negara tetapi tidak cukup mampu untuk menghilangkan eksistensi kedaulatan internal suatu negara.

 Metadata

No. Panggil : 624 PPEM 1 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
ISSN : 08543709
Majalah/Jurnal : Perencanaan Pembangunan
Volume : Ed. 01, 2016 Hal: 60-68
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacerrier)
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
624 PPEM 1 (2016) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20441085