Full Description
Cataloguing Source : | LibUI eng rda |
ISSN : | 24069183 |
Magazine/Journal : | Makara Hubs-Asia |
Volume : | Vol. 19, No. 1, July 2015: Hal. : 63-74 |
Content Type : | text (rdacontent) |
Media Type : | computer (rdamedia) |
Carrier Type : | online resource (rdacarrier) |
Electronic Access : | http://hubsasia.ui.ac.id/index.php/hubsasia/article/view/3474 |
Holding Company : | Universitas Indonesia |
Location : | Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal |
- Availability
- Digital Files: 1
- Review
- Cover
- Abstract
Call Number | Barcode Number | Availability |
---|---|---|
TERSEDIA |
No review available for this collection: 20441308 |
Abstract
One indication of Knowledge Management System (KMS) success is when the knowledge seeker actively access the
knowledge stored within the system?s repository. Unfortunately, studies that specifically designed to provide more
understanding about the behavior of the knowledge seeker with regard to their acceptance of KMS are still quite rare.
The purpose of this study is to investigate the factors that influence the behavior of knowledge seeker(s) in KMS
acceptance. A research model for this study was developed using the Theory of Reasoned Action (TRA), and the data
was collected from 125 knowledge seekers from three companies in Indonesia. By utilizing the Squares Structural
Equation Modeling (SEM) techniques with Smart PLS V2 software, the results of the statistical analysis confirmed that
there is a positive correlation between the factors of management, effort and social relationship and the intention of
knowledge seeker(s) in KMS acceptance. However, the correlation between the benefit factor and the intention of
knowledge seeker(s) in KMS acceptance was not found.
Salah satu indikasi kesuksesan KMS adalah ketika pengetahuan yang tersimpan didalam sistem secara aktif diakses oleh knowledge seeker. Namun disayangkan, kajian untuk memahami perilaku dalam penerimaan KMS oleh knowledge seeker masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku knowledge seeker dalam menerima KMS. Sebuah model penelitian dikembangkan dengan menggunakan Theory Reason of Action (TRA) untuk penelitian ini, dan data dikumpulkan dari 125 orang knowledge seeker yang berasal dari tiga perusahaan di Indonesia. Menggunakan teknik SEM dengan software Smart PLS V2, hasil analisis statistik mengkonfirmasi bahwa terdapat hubungan positif antara faktor management, effort, dan social relationship dengan niat knowledge seeker menerima KMS. Namun hubungan antara faktor benefit dengan niat knowledge seeker menerima KMS tidak ditemukan.
Salah satu indikasi kesuksesan KMS adalah ketika pengetahuan yang tersimpan didalam sistem secara aktif diakses oleh knowledge seeker. Namun disayangkan, kajian untuk memahami perilaku dalam penerimaan KMS oleh knowledge seeker masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku knowledge seeker dalam menerima KMS. Sebuah model penelitian dikembangkan dengan menggunakan Theory Reason of Action (TRA) untuk penelitian ini, dan data dikumpulkan dari 125 orang knowledge seeker yang berasal dari tiga perusahaan di Indonesia. Menggunakan teknik SEM dengan software Smart PLS V2, hasil analisis statistik mengkonfirmasi bahwa terdapat hubungan positif antara faktor management, effort, dan social relationship dengan niat knowledge seeker menerima KMS. Namun hubungan antara faktor benefit dengan niat knowledge seeker menerima KMS tidak ditemukan.