Strategi bersaing PT. Mustika Ratu untuk mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar produk kosmetika tradisional / Ayu Fajar Kirani
Ayu Fajar Kirani;
Thomas Honggo Secokusumo, supervisor; Ronny K. Hermajanto Moentoro, examiner
([Publisher not identified]
, 2001)
|
ABSTRAK Perkembangan yang terjadi pada masyarakat menuntut kaum wanitauntuk ikut berpatisipasi tampil dalam berbagai kesempatan yang memerlukankepercayaan diri yang kuat yang didukung oleh penggunaan kosmetika yangtepat bagi pemakainya. Salah satu pilihan yang aman digunakan adalah produkkosmetika tradisional. Namun pada saat ini persaingan antara produsenpenghasil kosmetika tradisional tersebut juga makin marak dan ketat. Untuk itudibutuhkan strategi yang tepat agar produk mereka dipilih untuk dibeli dandigunakan oleh masyarakat. PT . Mustika Ratu yang menjadi market leaderdalam upayanya mempertahankan posisi tersebut memilih menggunakan strategidifferensiasi dengan inovasi produk dalam memasarkan produknya. Pemilihanstrategi bersaing tersebut didasarkan pada kemampuan yang telah dimilikisebelumnya yang mampu menghasilkan produk kosmetika tradisional dengan segmenpasar yang baru, dari hasil penelitian yang telah dilakukan, PT Mustika Ratutelah memilih dan menjalankan strategi bersaing dengan bentuk inovasi dalammenghasikan produk baru yang kemudian dipasarkan di masyarakat. Keberhasilandalam penerapan strategi bersaing dengan inovasi produk ini dapat dilihat darikenaikan pada volume hasil penjualan yang terjadi pada perusahaan yang secaraotomatis akan menambah jumlah keuntungan bagi perusahaan dan membantumengukuhkan posisi PT.Mustika Ratu sebagai pemimpin pasar. Adapun produkinovasi yang dihasilkan berbeda dan menyentuh segmen pasar yang belumdipikirkan atau belum pernah dihasilkan sebelumnya oleh produsen lainpenghasil produk sejenis di pasaran. Dilihat dari analisa yang dilakukan dapatterlihat perusahaan menjalankan strategi bersaing diferensiasi dengan titik fokusproduk inovasi yang didukung oleh tenaga kerja (terutama bagian R&D) dan bahanbaku terbaik yang dimiliki perusahaan. Namun dari analisa dapat dilihat juga bahwaperusahaan baru menjalankan strategi inovasi saja dan belum menjalankan konsepinovasi bisnis secara utuh sehingga dikhawatirkan strategi yang mereka jalankanselama ini belum tentu dapat mempertahankan posisi mereka sabagai market leadersecara pasti karena terlihat adanya imitasi produk oleh pesaing yang ternyata dapatmenurunkan volume penjualan produk mereka. |
T3833 - Ayu Fajar Kirani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T3833 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 93 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T3833 | 15-17-453675237 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20441469 |