ABSTRAK Sejalan dengan kebijakan pemerintah meningkatkan devisa denganmenggalakkan ekspor non migas yang dituangkan dalam berbagaideregulasi. serta peluang perdagangan internasional yang menuju globalisasiditandai dengan berakhirnya Putaran Uruguay dengan persetujuan final actpada April 1994, maka perdagangan internasional semakin berkembang danterbuka dengan harapan dimasa yang akan datang dunia menjadi satu pasaryang bebas. Keadaan tersebut membuka kesempatan kepada para pelaku bisnisdi Indonesia mengarahkan pandangan keluar (outward looking) untukmencari peluang pasar diluar negeri. Dalam memanfaatkan kesempatan tersebut ada dua hal pentingyang perlu mendapat perhatian yaitu bagaimana model yang dipakai untukmemasuki pasar dan dengan rencana pemasaran apa yang cocok denganpasarnya. Berbagai macam cara memasuki pasar dan rencana pemasaranmemerlukan penelitian Iebih lanjut karena hal tersebut sangat berkaitan eratdengan pasar yang akan dimasuki, jenis produk yang akan dipasarkan dankompetensi perusahaan seperti keterpaduan teknologi, sumber dayamanusia, pengalaman dan modal kerja. Secara umum dapat dilihat negara Amerika Serikat dengan jumlahpenduduk 250 juta orang dan penghasilan bersih ?disposable personalincome? sebesar USS 16000 per tahun pada tahun 1991 merupakan pasaryang besar dengan daya beli yang kuat. Menurut data Euromonitor Market Direction produk pasta dipakaioleh hampir 70 % rumah tangga di Amerika Serikat dengan pertumbuhansebesar 6.2% pertahun, merupakan salah Satu komoditi dengan permintaantinggi. Dalam kaitan tersebut studi ini dibuat untuk meneliti danmenganalisis cara masuk pasar (entry mode) dan rencana pemasaran produkpasta ke Amerika Serikat. Dilihat dari pesaing yang ada, kompetensi perusahaan dan faktorresiko cara masuk pasar Amerika dipilih cara ekspor. Mengingat pasta adalah jenis komoditi, maka pendatang baru tidakdapat menentukan harga tetapi hanya sebagai pengikut (follower) yangberarti pendatang baru harus dapat bersaing dengan strategi keunggulandalam biaya, dan strategi serangan langsung harus dihindari karenakekuatan pesaing yang tinggi. |