Awak Kabin sebagai alat bersaing PT. Garuda Indonesia
Lampe, Nicodemus P.;
Wahjudi Prakarsa Benjamin, examiner; Albert Widjaja, supervisor
([Publisher not identified]
, 1996)
|
ABSTRAK Dalam industri penerbangan komersial, sukses atau gagalnya sangattergantung kepada kualitas pelayanan yang diberikan kepada penumpang karenasatu-satunya yang langsung menilai mutu pelayanan. Pelayanan yang diberikanoleh perusahaan penerbangan PT. Garuda Indonesia dibagi menjadi dua yaitu: pelayanan darat : menangani masalah pre and post flight services sepertireservation, ticketing, check-in penumpang, transit/connecting penumpang danbaggage handling. pelayanan udara : menangani masalah in-flight service yaitu memberikanpelayanan di dalam pesawat kepada penumpang sejak boarding sampai denganpenumpang turun di tempat tujuan dengan nyaman. Pelayanan udara oleh awak kabin sangat memegang peran penting dalammembentuk pandangan konsumen atau penumpang terhadap kualitas pelayananpenerbangan secara keseluruhan, karena awak kabin melayani secara langsungdan berkomunikasi dengan penumpang sebagai pengguna jasa. Dengan demikianuntuk bersaing dalam bisnis penerbangan maka PT. Garuda Indonesia harus dapatmenggunakan awak kabinnya memenuhi keinginan atau tuntutan pelayanan udarayang diìnginkan oleh penumpang. Berdasarkan hasil survey IRS (In-flight Research Survey) of Oxford posisiPT. Garuda Indonesia diantara 10 perusahaan penerbangan yang berkantor pusatdi Asia Pasific secara rata-rata berada pada urutan ketujuh dari faktor-faktor Penilaian : efficiency of meal service, friendliness of cabin crew, grace and style of service, sincerity and attitude of service dan quality consistency amongst staffini brarti bahwa PT. Garuda Indonesia masih belum dapat menggunakan awakkabinnya memenuhì keinginan penumpang, yang berarti belum dapatmenggunakan kualitas pelayanan udara oleh awak kabin sebagai alat bersaing agarmenjadi penerbangan yang berkualitas menurut pandangan konsumen. Agar kualitas pelayanan udara yang diberikan oleh awak kabin dapatsesuai antara apa yang diharapkan penumpang dengan kenyataan yang diterima,maka Dinas Awak Kabin PT. Garuda Indonesia harus mengetahui dengan benarapa yang diinginkan oleh penumpang dan pelayanan udara oleh awak kabin. Jikasudah diketahui maka dapat ditetapkan kebìjaksanaan mengenai pengelolaanawak kabin sehingga akhirnya diimplementasikan untuk memberikan pelayanansesuai tuntutan penumpang. Dari hasil analisa eksternal, internal, SWOT dan identifikasi key successfactor pada PT. Garuda Indonesia, untuk mendapatkan awak kabin yang bisamemberikan peiayanan yang prima maka Dinas Awak Kabin harus memutuskandengan tepat mengenai: Perencanaan awak kabin yaitu mengenai jumlah maupun kriteria yangdibutuhkan. Untuk mendapatkan perencanaan yang baik harusmempertimbangkan turnover awak kabin yang cukup besar sekitar 15 orangsetiap bulan, dan selalu mengadakan koordinasi dengan Dinas PengembanganArmada dan Dinas Pengembangan Pasar agar dapat diketahui jumlah kebutuhanawak kabin. Rekrutmen yaitu proses seleksi untuk mendapatkan calon awak kabut yangsesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Kenyataan yang dihadapi oleh PT.Garuda Indonesia adalah sangat sulit mendapatkan calon awak kabin yangmemenuhi nilai persyaratan Bahasa Inggris sehingga akhimya nilai yangdisyaratkan harus diturunkan. Pendidikan dan Pelatihan vaitu program untuk mendidik calon awak kabin hasilrekrutmen sehingga menghasilkan awak kabin yang mampu melayani keinginanpenumpang. Pendidikan dan Pelatihan untuk awak kabin PT. Garuda Indonesiaharus ditekankan pada penguasaan Bahasa Inggiis, kedisiplinan dan kemampuanberkomunikasi interpersonal. Penilaian prestasi kerja yaitu suatu evaluasi mengenai unjuk kerja dari awakKabin, sebagai dasar peningkatan jenjang awak kabin dan juga untukpengembangan program pendidikan dan pelatihan bagi awak kabin. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 104 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20441765 |