Maksud dari penelitian ini adalah untuk mencari determinan yang menentukan kepemimpinan. Penelitian dilakukan di13 bandara dan kantor pusat pengelola yang terdiri dari 84 unit kerja dalam berbagai tingkat mencakup berbagai macamkegiatan dengan jumlah sampel sebesar 3.048 responden dari populasi 4.150 pegawai. Hasil temuan dalam penelitiankepemimpinan menurunkan 22 hipotesa yang berdampak pada kepemimpinan. Dari 22 variabel independen atauvariabel bebas terdapat 16 variabel yang berdampak positif pada kepemimpinan dan berdampak balik serta langsungberakumulasi. Ke 16 variabel itu adalah pembawa perubahan, komunikasi, kepemimpinan dalam pekerjaan, jejaring,pengembang orang lain, pengaruh, kerja kelompok, keragaman, pemakaian bahasa daerah, komitmen, kedisiplinan,keteladanan, kepamrihan kerja, keoptimisan, tindakan saling mengasihi, dan kekonsistenan. Hanya 1 variabel bebasyang berdampak pada kepemimpinan secara positif tapi tidak berdampak berbalik, yaitu dalam penggunaan pirantilunak selain MS Office, sedangkan 5 variabel independen yang lain berdampak negatif pada kepemimpinan dan tidakberdampak balik dan dengan sendirinya tidak akumulatif, yaitu variabel kebahagiaan, ketekunan, keefisienan,kesopansantunan dalam melayani, dan norma yang berlaku.The purpose of this research is to look for determinants that effect leadership. The research was conducted in 13 airportsand in the head office of its managing organization consisting of 84 different working units on different levels. Thesample size is 3.048 respondents from a total of 4.150 employees. The findings are 22 hypotheses explaining leadershipsignificantly: 16 independent variables determine positively and show a mutual impact as well as an accumulative directinfluence to and from leadership. Only one variable shows a positive impact on leadership without any impact back.Five variables show a negative and non-accumulative effect towards leadership. Determinants show to have a positive,mutual and accumulative direct impact towards leadership. These determinants are: conduct to change, communication,working with leadership, networking, developing human resources, influence, working in groups, managing differences,using local language, commitment, discipline, non-reward based working, optimism, mutual caring, and consistency.One determinant, leader using software other than MS Office has a positive effect towards leadership. However,leadership has no impact on the use of software other than MS Office towards the leader. The other 5 variables show anegative, non-mutual and non-accumulative impact towards leadership, these variables are: happiness, perseverance,efficiency, serving others with respect, and adherence to norms. |